Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu yang Tepat untuk Sarapan?

Kompas.com - 12/10/2021, 09:10 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Menyantap sarapan merupakan kegiatan yang sebisa mungkin jangan sampai terlewatkan. Hal itu karena sarapan memiliki peranan penting untuk menunjang tubuh agar tetap bugar dalam menjalani aktivitas seharian.

Tidak hanya melihat kualitas asupannya, ternyata memilih waktu sarapan yang tepat juga penting dilakukan agar manfaat yang kita dapatkan lebih optimal.

Banyak orang mungkin bertanya kapan waktu sarapan yang baik. Penjelasan dari seorang ahli gizi, sarapan sebaiknya dilakukan jangan terlalu lama dari waktu setelah bangun tidur.

Mengapa demikian?

Baca juga: Kapan Waktu Sarapan yang Baik?

Waktu sarapan yang baik

Melansir berita Kompas.com (18/7/2020), seorang ahli gizi yang berbasis di Philadelphia AS, Theresa Shank menyampaikan, waktu sarapan yang baik yakni yang berada dalam rentang dua jam setelah bangun tidur.

"Sarapan dalam rentang waktu dua jam sejak bangun tidur dapat mengurangi nafsu makan tak sehat dan gula darah lebih stabil," jelas dia seperti dilansir Women's Health.

Shank menjelaskan, ketika gula darah tidak stabil karena jam makan yang kurang tepat, seseorang cenderung ingin mengemil atau makan berlebihan, yang mana akibatnya tentu kurang baik bagi kesehatan.

“Sarapan dapat mempercepat metabolisme. Begitu bangun tidur, tubuh perlu segera cepat keluar dari kondisi puasa," jelas dia.

Manfaat sarapan untuk kesehatan

Seperti yang sudah disampaikan, sarapan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Karena itu jangan menyepelekan sarapan, apalagi jika sampai sering melewatkannya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat sarapan bagi kesehatan:

  • Sumber energi untuk beraktivitas

Banyak orang yang melewatkan sarapan dengan alasan terburu-terburu atau ingin menghemat waktu. Padahal ini bisa berakibat tubuh menjadi mudah lesu di sepanjang hari nanti.

Manfaat sarapan pagi yang pertama adalah sebagai bahan bakar energi untuk memulai beraktivitas.

Dilansir dari WebMD, untuk bahan bakar energi yang sehat, kamu bisa pilih menu sarapan berupa karbohidrat dan protein sehat. Misalkan kombinasi antara sayur dan buah bersama susu rendah lemak atau telur rebus.

Tapi perlu diingat, hindari menyantap sarapan secara berlebihan. Makan berlebihan di awal hari bisa membuat perut rentah begah dan mual.

  • Meningkatkan kekuatan otak

Selain sebagai sumber energi, sarapan pagi yang sehat dan berkualitas juga dapat meningkatkan kekuatan otak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com