Mengapa Kucing Tidak Boleh Minum Susu Sapi?

Kompas.com - 11/10/2021, 21:46 WIB
Ilustrasi kucing minum susu. PIXABAY/CHRISTOPHERPLUTAIlustrasi kucing minum susu.

KOMPAS.com - Masih banyak yang beranggapan bahwa tak ada masalah membiarkan kucing minum susu sapi.

Faktor terkuat yang membuat anggapan tersebut begitu diyakini adalah film kartun yang menampilkan kegemaran kucing meminum susu sapi.

Nyatanya, susu sapi dapat berdampak buruk untuk kesehatan kucing terutama yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Susu sapi mengandung laktosa yang dapat membuat kucing sakit perut bahkan diare.

Sama seperti sebagian orang, kucing pun dapat intoleran terhadap laktosa yang terkandung dalam susu sapi. Oleh sebab itu, membiarkan kucing minum susu sapi hanya akan memicu masalah besar.

Dilansir KOMPAS.com dari Fetch by WebMD, asisten profesor di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Illinois, Linda P. Case mengatakan, kucing dan beberapa hewan lainnya hanya menerima laktosa saat masih bayi.

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Memelihara Kucing yang Masih Banyak Dilakukan

“Satu-satunya momen hewan terpapar laktosa adalah saat masih bayi, dari air susu induknya,” kata Linda.

Mengapa kucing tidak boleh minum susu sapi?

Kucing harus mempunyai enzim laktase pada sistem pencernaannya agar dapat mencerna gula susu dengan baik. Saat kucing baru dilahirkan, tubuhnya mengandung banyak enzim laktase yang berfungsi untuk membantu menyerap susu dari induknya.

Meski demikian, anak kucing pun tidak disarankan untuk mengonsumsi susu sapi. Walaupun kucing memiliki enzim laktase yang cukup saat masih kecil, minum susu sapi akan membuatnya memiliki laktosa berlebih.

Hindari memberikan susu sapi kepada anak kucing. Jika anak kucing tidak disusui oleh induknya, lebih berikan susu pengganti yang dapat dibeli di toko perlengkapan hewan peliharaan.

Sementara itu, saat kucing semakin besar, tubuhnya memproduksi enzim laktase lebih sedikit dibandingkan saat masih bayi.

Baca juga: Mengapa Kucing Suka Meringkuk di Dada Kita?

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.