Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menanam Pohon Tabebuya yang Mirip Bunga Sakura? Begini Caranya

Kompas.com - 09/10/2021, 07:30 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Memasuki bulan Oktober, pohon Tabebuya yang ditanam di jalanan kota-kota besar seperti Surabaya mulai bermekaran. Warna dan bentuknya yang menyerupai bunga Sakura itu amat menarik hati.

Pohon Tabebuya dipilih sejumlah pemerintah kota untuk memberi kesan cantik dan teduh jalan-jalan protokol di tengah padatnya aktivitas warga.

Tak hanya memberi kesan asri, warna kuning, merah muda, dan putih menarik minat masyarakat untuk dijadikan spot berfoto. 

Nah, agar tak perlu jauh-jauh mendatangi jalan protokol, Anda bisa menanam sendiri pohon Tabebuya ini.

Untuk Anda para pecinta tanaman hias, berikut informasi mengenai tanaman bunga Tabebuya dan bagaimana cara menanam serta merawatnya.

Baca juga: Langkah-langkah Menanam Pohon di Halaman

Mengenal pohon Tabebuya

Terdiri dari 100 jenis, pohon Tabebuya termasuk dalam genus Tabebuia dan famili Bignoniaceae yang tingginya bisa mencapai 49 meter. Namun rata-rata hanya mencapai tinggi kurang lebih 7,5 meter

Bunganya dapat mekar selebar 2,5 hingga 10 cm yang yang menggantung dalam kelompok.

Menurut Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya Anna Fajriatin, umumnya tanaman bernama latin Handroanthus chrysotrichus itu mekar di musim kemarau. 

"Mekarnya memang di musim panas. Sedangkan ketika musim hujan, bunganya mulai berkurang (gugur) dan berganti daun," kata Anna saat dihubungi Kompas.com, Rabu (6/10/2021).

Bunga tabebuya, kata Anna, sebenarnya bisa bermekaran sepanjang tahun. Karena pohon tersebut, pada prinsipnya mampu beradaptasi dengan segala kondisi cuaca.

Namun, puncak mekarnya bunga tabebuya ini hanya terjadi pada saat musim kemarau. "September-Oktober adalah puncak tabebuya bermekaran. Sekarang ini kan sudah mulai hujan, meskipun tidak sering ya. Tapi semakin banyak hujan, bunganya mulai berguguran. Karena pada prinsipnya, bunga tabebuya ini lebih doyan di cuaca panas," ujar Anna.

Pohon yang berasal dari Brasil, Amerika Selatan, itu juga disebut memiliki ketahanan hidup yang tinggi. Tabebuya bahkan bisa tumbuh di berbagai jenis tanah dan tahan dalam kondisi kekeringan.

"Pohonnya juga kuat. Selama ini insya Allah kuat. Bisa tumbuh di jenis tanah apa pun asalkan daerah tersebut daerah tropis," ujar Anna.

Baca juga: Bunga Tabebuya Bikin Surabaya Jadi Warna-warni, Ini Sederet Fakta soal Tanaman Tersebut

Karakter fisik pohon dan bunga Tabebuya

Ilustrasi tanaman bunga Tabebuya. SHUTTERSTOCK/KHOMSAN INTHANANON Ilustrasi tanaman bunga Tabebuya.

Bunga Tabebuya berbentuk tabung dan berjumbai ringan di bagian atas dengan banyak benang sari. Sebagian besar varietas Tabebuya memiliki bunga emas, namun ada juga uang berwarna kuning, merah muda, hingga putih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com