Jadi Pemilik Baru Newcastle United, Berapa Kekayaan Mohammed bin Salman?

Kompas.com - 09/10/2021, 06:30 WIB
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. EPA via BBC INDONESIAPutra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

KOMPAS.com - Klub Liga Primer Inggris Newcastle United resmi diakuisisi oleh Public Investment Fund (PIF), Kamis (7/10/2021). PIF merupakan perusahaan pengelola keuangan publik milik pemerintah Arab Saudi.

PIF dipimpin oleh Pangeran sekaligus Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Akuisisi ini menandai berakhirnya 14 tahun kepemilikan pengusaha Inggris, Mike Ashley, di klub berjuluk The Magpies tersebut.

PIF dilaporkan mengucurkan dana sebesar 300 juta poundsterling atau sekitar Rp 5,6 triliun untuk mengambil alih kepemilikan Newcastle United. Kini, Mohammed bin Salman melalui PIF menguasai 80 persen saham Newcastle United.

Dengan kepemilikan baru ini, Newcastle United bersiap menjadi salah satu penantang dalam perebutan titel Premier League.

Baca juga: Siapa dan Berapa Kekayaan PIF, Pembeli dan Pemilik Baru Newcastle United

Mengapa demikian? Karena dengan kucuran dana yang melimpah, Newcastle United bisa mendatangkan banyak pemain bintang yang berkualitas untuk memperkuat tim.

Asumsi ini bukan tanpa alasan mengingat Manchester City kini telah bertransformasi menjadi salah satu klub terbaik di Liga Inggris setelah diambil alih oleh konsorsium asal Abu Dhabi. Rentetan gelar dan puluhan pemain bintang silih berganti datang ke klub berjuluk The Citizens itu.

Begitu juga dengan PSG yang kini tampil menjadi penguasa Liga Prancis dengan kumpulan pemain bintang setelah dimiliki oleh konsorsium asal Qatar. Mulai dari pemain asal Brasil Neymar hingga mega bintang asal Argentina Lionel Messi.

Berapa kekayaan Mohammed bin Salman?

Pemberitaan akuisisi Newcastle United oleh Mohammed bin Salman ramai diperbincangkan. Ini karena Newcastle United disebut-sebut akan menjadi klub kaya baru dengan sumber dana tak terbatas.

Lalu sebenarnya berapa kekayaan milik anak Raja Salman tersebut?

Dikutip dari berita Kompas.com Jumat (8/10/2021), laporan The Sun menyebutkan kekayaan bersih Mohammed bin Salman adalah sekitar 13 miliar poundsterling atau setara Rp 251 triliun.

Baca juga: Profil Mohammed bin Salman, Putra Mahkota Arab Saudi

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.