Tips Agar Ular Tidak Masuk ke dalam Rumah

Kompas.com - 09/10/2021, 06:20 WIB
Ilustrasi ular. callnorthwest.comIlustrasi ular.

KOMPAS.com - Salah satu gangguan hewan yang masuk ke rumah adalah ular. Meski frekuensi ular masuk ke dalam rumah bisa dibilang lebih kecil daripada tikus maupun kecoak, namun tetap harus diwaspadai.

Hal itu karena ular termasuk jenis hewan yang berbahaya. Pada sebagian jenis ular bahkan dapat menyebabkan kematian.

Di rumah, tempat-tempat yang biasanya menjadi sasaran masuk ular adalah loteng, toilet, atau lemari.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan ular masuk ke wilayah pemukiman. Mulai dari hilangnya habitat ular karena masifnya pembangunan hingga alasan cuaca atau musim.

Namun tidak perlu khawatir berlebih. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah ular masuk ke rumah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara mencegah ular masuk ke dalam rumah:

Baca juga: Hati-hati, Ini Penyebab Ular Masuk ke Rumah dan Cara Mencegahnya

1. Tutup lubang atau celah yang ada di rumah

Salah satu jalan masuk ular ke rumah adalah melalui lubang atau celah yang ada di sekitar rumah. Misalnya seperti ventilasi, talang, atau saluran pipa yang rusak.

Karena itu untuk mencegah ular masuk, pastikan tidak ada retakan atau lubang yang bisa menjadi jalan untuk ular masuk.

Periksa dengan cermat bagian luar rumah dan perbaiki setiap retakan atau lubang, talang, pipa, serta ventilasi yang rusak. Selain itu, perbaiki atau ganti bagian yang rusak pada jendela dan pintu.

Jangan lupa juga menutup ruang kosong antara ubin dengan pintu. Tidak hanya itu, dinding dan celah-celah rumah yang terbuka juga harus ditutup agar ular benar-benar tidak memiliki jalur masuk ke rumah secara tak terduga.

2. Bersihkan rumah dari tikus

Tikus menjadi salah satu sumber makanan bagi ular. Karena itu, jika rumah yang dihuni banyak tikus akan menarik perhatian ular.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.