Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Trik Membuat Ruang Tamu Sempit Tampak Luas dan Melegakan

Justru Anda bisa menggali ide lebih banyak lagi agar bagaimana caranya ruang tamu yang cenderung sempit bisa tampak luas.

Nah, ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan supaya ruang tamu sempit tampak luas.

Dilansir dari Homes & Gardens, Minggu (19/12/2021), trik dasar membuat ruang tamu terlihat lebih besar, lebih terang, dan lebih cerah adalah menciptakan langit-langit putih dan penggunaan lantai kayu ringan.

Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat ruang tamu kecil tampak lebih luas berikut ini:

1. Gunakan furnitur netral

Sofa akan menjadi perabot terbesar di ruang tamu, jadi ada baiknya untuk mendapatkan warna dan ukuran yang tepat.

"Sofa netral dapat membantu meringankan ruang, namun perlu diingat bahwa netral tidak harus berarti memilih desain yang polos. Memilih gaya dengan detail yang indah, seperti lekukan, kancing, atau alur, akan menambahkan karakter ke ruang kecil tanpa membebani skema (ruangan) Anda," saran Suzy McMahon, direktur pembelian di Sofology.

Selain itu, imbuh McMahon, bantal sofa dalam nuansa dan pola yang lebih berani dapat menjaga tampilan agar tidak terkesan terlalu longgar.

"Atau, kursi beraksen adalah cara yang bagus untuk menambahkan semburat warna dan akan dengan mudah mengangkat ruang yang lebih gelap," sebutnya.

2. Pilih skema warna sederhana

Hal utama yang perlu diingat saat mendesain ruangan kecil adalah memastikan semua nada menempel pada palet warna yang sama, sehingga menciptakan aliran ke seluruh ruangan.

Desainer interior Bobby Berk secara teratur menekankan pentingnya menciptakan ruang yang kohesif.

Terlepas dari kecintaannya pada warna, ide cat ruang tamu Berk cenderung didasarkan pada warna monokromatik dan tonal yang akan lebih menonjolkan skema tersebut.

Saat memilih palet, Berk mengingatkan kita untuk menganggap ruang sebagai 'satu ruang yang kohesif' ketimbang menggunakan warna dan pola berbeda yang akan membagi ruangan dan membuatnya terasa lebih kecil.

"Khususnya dengan studio, kita secara naluriah membagi ruangan utama menjadi beberapa bagian terpisah untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar, tetapi apa yang sebenarnya Anda lakukan adalah mengacaukan ruang dan membuatnya tampak jauh lebih kecil," ujar Berk.

Menurut Berk, bukan berarti bahwa ruangan tidak boleh berwarna. Namun, berpeganglah pada palet warna, apakah itu nada dingin seperti biru dan hijau atau nada yang lebih hangat seperti terakota dan krem.

"Dengan menjaga hal-hal dalam palet yang sama, ruang akan terasa lebih besar dan lebih kohesif, yang akan membuatnya terasa kurang terputus-putus," ungkap Berk.

Di ruangan yang lebih kecil, Berk biasanya suka menggunakan finishing matte untuk membantu menyembunyikan ketidaksempurnaan di dinding, yang akan membuat warna gelap terasa lebih luas secara visual.

3. Gunakan warna, tapi dengan bijak

Menciptakan ruang tamu yang lebih besar dan cerah bukan berarti Anda tidak bisa memiliki warna.

Warna gelap pada dinding akan menciptakan nuansa sebaliknya, tetapi jika Anda memilih warna hangat yang terang seperti koral misalnya, itu akan mengangkat ruang.

Gunakan warna putih pada furnitur kayu dan kusen. Alih-alih berinvestasi dalam furnitur kayu gelap, pilihlah furnitur yang dicat dan nuansa warna kayu muda bergaya pedesaan.

4. Pilih tirai yang ringan

Apa yang Anda gunakan di jendela sangat penting. Tirai tebal gelap akan menghalangi cahaya dan menciptakan suasana yang lebih murung di ruang tamu Anda, baik untuk menciptakan nuansa musim gugur, tetapi tidak kondusif untuk skema terang dan terang.

Ikuti petunjuk desainer interior Jonathan Adler. Anda masih dapat menggunakan pola dan warna, cukup pilih nuansa pucat dan desain yang halus.

Tirai ini menyempurnakan ruang tamu dengan sempurna dan desainnya tercermin dalam karpet kotak-kotak besar. Hal lain yang perlu dipertimbangkan karena membantu menarik perhatian ke aspek cahaya lain di dalam ruangan.

5. Pilih tekstur yang indah

Untuk membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar, kurangi kekacauan. Namun demikian, sebaiknya Anda tidak membuat skema steril dengan minimalis dan nuansa serba pucat.

Sebaliknya, tetap nyaman dengan tekstur mewah yang tidak memakan tempat secara visual.

Karpet kulit, furnitur kayu indah, bantal beludru, dan kursi berlengan kulit cokelat yang sangat lembut akan menghangatkan skema secara instan, terutama bila digunakan dalam ide ruang tamu minimalis di apartemen.

6. Manfaatkan cermin

Cermin dapat membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar, namun jika Anda menempatkannya dengan benar.

VSP Interiors menunjukkan betapa menakjubkannya tampilan di ruang tamu. Sepasang ceruk cermin segera memantulkan cahaya dari jendela dan memantulkan semuanya kembali.

Ini adalah cara yang pasti untuk menambahkan cahaya dan kecerahan, tetapi gunakan cermin yang besar.

7. Pencahayaan berlapis

Ide pencahayaan ruang tamu kecil dapat membuat ruangan terasa lebih besar di malam hari, meskipun ruangan memiliki banyak sekali cahaya alami di siang hari. Melapisi ketinggian pencahayaan Anda adalah kuncinya.

Dengan demikian, pastikan Anda memiliki lampu gantung di atas kepala dengan kontrol yang dapat diredupkan, banyak lampu lampu, dan lampu dinding.

Pilih nuansa yang dapat mengarahkan cahaya untuk fungsi tertentu seperti membaca, dan menciptakan kumpulan cahaya untuk suasana.

Memiliki lampu dinding yang mengarahkan cahaya ke atas dan ke bawah juga akan membuat ruangan terlihat lebih tinggi.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/01/16/101915581/7-trik-membuat-ruang-tamu-sempit-tampak-luas-dan-melegakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke