Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tempat Wisata Indonesia yang Bikin Merasa Melancong di Luar Negeri

Selain membutuhkan waktu yang tepat, perencanaan anggaran yang cukup besar tentu diperlukan untuk mewujudkannya.

Sebagai alternatifnya, Anda sekeluarga bisa berkunjung ke sejumlah destinasi domestik yang suasananya mirip seperti di luar negeri.

Simak 7 destinasi wisata ala luar negeri berikut ini yang layak untuk dikunjungi selama pandemi:

Tak pelu jauh ke Amerika Serikat (AS) untuk melihat tebing curam yang indah.

Kota Semarang punya tempat yang mirip dengan destinasi Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat, yaitu Brown Canyon.

Nah, tempat yang serupa dengan Brown Canyon ini terletak di Rawosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

Siapa sangka, Brown Canyon yang dulunya adalah lokasi galian pertambangan, kini menjadi destinasi wisata alam di Semarang.

Pengunjung bisa mengambil foto-foto ciamik berlatarkan tebing yang menjulang tinggi, serta sebuah kolam yang membuat lokasi tersebut semakin indah.

Nepal van Java atau Nepal dari Jawa merupakan julukan dari Dusun Butuh, yang ada di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Obyek wisata Nepal Van Java di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Selasa (4/5/2021).

Julukan ini disematkan kepada Dusun Butuh karena letaknya yang berada di lereng Gunung Sumbing.

Hal itu membuat perumahan penduduk tampak bertumpuk, sehingga seolah mirip dengan Negara Nepal.

Anda akan dibuat takjub dengan panorama alam khas pedesaan dan pemandangan kokoh Gunung Sumbing.

The Great Asia Afrika Lembang yang berlokasi di Jalan Raya Lembang-Bandung nomor 71, Lembang ini menawarkan sensasi mengelilingi tujuh negara yang ada di benua Asia Afrika.

Pengunjung dapat melihat sejumlah landmark terkenal yang ada di Indonesia, Thailand, Korea Selatan, Jepang, India, hingga negara-negara dari benua Afrika dan kawasan Timur Tengah.

Ada pula suguhan kuliner-kuliner unik yang bisa kamu coba, seperti sate khas Afrika yang dihidangkan bersama potongan buah pisang.

Menariknya lagi, pengunjung bisa berfoto dan menyewa pakaian tradisional dari masing-masing negara yang ada di The Great Asia Afrika ini.

Jika Anda penasaran dengan sensasi menaiki perahu di Kota Venesia, cobalah berkunjung ke Dusun Semilir Eco Park.

Saat menginjakkan kaki di dusun yang berlokasi di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, itu bisa jadi Anda tak menyangka tengah berada di Jawa Tengah.

Namun Anda mungkin malah merasakan pemandangan berlatar Kota Venesia, Italia.

Dengan setting khas perkotaan Eropa, pengunjung akan diajak menikmati nuansa kota-kota unik di berbagai negara, dalam satu lokasi yang sama.

Mulai dari mencoba pakaian tradisional ala masyarakat Eropa, naik trem atau kereta mini dengan pemandangan rumah-rumah di Venesia.

Bahkan Anda bisa merasakan tengah mengunjungi rumah-rumah Santorini di Yunani, perdesaan Perancis, rumah-rumah di Maroko, hingga Barcelona.

Semuanya bisa ditemukan di tempat wisata ini.

Jika L'Arch D'Triomphe melambangkan kejayaan dan kemakmuran bangsa dan negara Perancis, maka di Monumen Kediri ini terpahat relief tentang sejarah Kediri, berikut seni dan budayanya.

Di tiap sudut monumen, pengunjung bisa menemukan empat patung yang menyerupai arca Ganesha, dewa yang memiliki kecerdasan dan kebijaksanaan, sehingga mampu menyelesaikan segala rintangan.

Patung Yesus yang terletak di puncak bukit Buntu Burake, Sangala, Makale, Toraja, tak kalah megah dengan patung yang ada di Kota Rio de Janeiro, Brasil.

Dengan ketinggian sekitar 52,5 meter, patung ini disebut-sebut sebagai patung Yesus tertinggi di dunia.

Saat berada di kawasan Patung Yesus Buntu Burake, pengunjung bisa melihat pemandangan Kota Makale dan keindahan alam yang menakjubkan.

Pagoda emas yang ada di Taman Alam Lumbini, Berastagi ini merupakan pagoda tertinggi kedua setelah yang ada di Myanmar.

Bahkan, pagoda ini jadi yang tertinggi di Indonesia, sehingga meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Sama seperti Pagoda Shwedagon di Myanmar, pagoda ini juga menyimpan berbagai peninggalan Sang Buddha, Arahat, dan ribuan Patung Buddha dari berbagai negara.

Dengan desain yang didominasi oleh warna emas, pengunjung serasa dibawa langsung bertandang ke lokasi pagoda aslinya di Negeri Seribu Pagoda.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Wasti Samaria Simangunsong | Editor: Anggara Wikan Prasetya)

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/01/09/112700081/7-tempat-wisata-indonesia-yang-bikin-merasa-melancong-di-luar-negeri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke