Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Ponsel Terlaris di Tahun 2021, iPhone Masih Jadi Jawara

Dalam tiga kuartal pertama tahun 2021 lalu, jumlah ponsel yang terjual disebut menembus angka 1,04 miliar di seluruh dunia. Jumlah tersebut hampir 88,6 juta lebih banyak dibanding sembilan bulan pertama tahun 2020.

Namun, penjualan smartphone juga sempat mengalami penurunan terlebih lagi saat pandemi Covid-19 yang membuat tertundanya produksi smartphone secara global. Kendati demikian, terdapat beberapa tipe smartphone yang masih mendominasi pasar global.

Memasuki awal tahun 2022 ini, tidak ada salahnya untuk melihat kilas balik ponsel-ponsel mana saja yang memiliki penjualan paling tinggi.

Dirangkum dari pengamat industri Counterpoint Research dan International Data (IDC), berikut ini adalah daftar smartphone terlaris sepanjang tiga kuartal pertama 2021.

Namun sebelumnya, perlu diketahui bahwa penelitian tersebut tidak mengungkapkan jumlah pasti unit yang terjual pada setiap model.

iPhone 12 menjadi smartphone terlaris di dunia dalam sembilan bulan atau tiga kuartal pertama di tahun 2021, menurut data industri.

Ponsel pintar rilisan Apple ini memiliki fitur yang terbilang lengkap, di antaranya adalah sudah didukung dengan fitur 5G. Sempat tertunda peluncurannya karena pandemi Covid-19, iPhone 12 berhasil membuktikan diri menjadi yang terlaris di tahun 2021.

Dengan layar 6 inci, iPhone 12 dijual dengan harga 945 dollar AS atau setara dengan Rp 13,4 juta. iPhone 12 juga diikuti dengan rilisnya iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Posisi berikutnya ada Samsung Galaxy A12. Smartphone yang satu ini diluncurkan pada akhir tahun 2020 lalu.

Galaxy A12 menjadi satu-satunya ponsel rilisan Samsung yang menduduki posisi ponsel terlaris 2021.

Galaxy A12 memiliki layar 6,4 inci yang didukung sistem quad-camera di bagian belakang. Galaxy 12 juga memiliki baterai hingga 5000 mAh.

Keunggulan lainnya dari smartphone ini adalah daya tahan baterai yang diklaim dapat bertahan lebih dari dua hari tanpa pengisian daya.

Tak hanya itu, Samsung Galaxy 12 juga didukung fitur keamanan Knox yaitu sistem keamanan yang telah terintegrasi kepada sistem operasi dan hardware ponsel yang memberikan keamanan maksimal dan didukung oleh sensor sidik jari samping.

Setelah iPhone 12, satu lagi produk Apple yang masuk jajaran ponsel terlaris 2021, yakni iPhone 11.

Meski telah diluncurkan pada September 2019 lalu, iPhone 11 masih belum kehilangan daya tarik. iPhone 11 juga menjadi ponsel entry level Apple dengan harga relatif murah, yang membuat Apple dapat meningkatkan kehadirannya dalam rentang harga yang lebih luas.

Hal tersebut merupakan bagian strategi yang telah diterapkan oleh pesaingnya, yaitu Samsung dan Xiaomi selama bertahun-tahun.

4. iPhone 12 Pro Max

Masih dari iPhone, selanjutnya adalah keluarga dari iPhone 12 yakni iPhone 12 Pro Max.
Ponsel ini Memiliki layar yang lebih lebar dibanding jenis iPhone lainnya yaitu 6,6 inci dengan 3,5 juta piksel.

Kompatibilitas 5G membuat iPhone 12 Pro Max menjadi favorit dan terlaris di kalangan pengguna profesional dan pembeli yang mencari layar yang lebih besar.

5. iPhone 12 Pro

Tidak hanya iPhone 12 Pro Max, keluarga iPhone 12 lainnya juga masuk jajaran ponsel terlaris 2021, yakni iPhone 12 Pro.

Dengan ukuran layar 6,1 inci, ponsel yang satu ini memiliki keunggulan dapat bertahan saat terendam air hingga kedalam enam meter selama 30 menit. iPhone 12 Pro dibandrol dengan harga mulai dari Rp 14,7 juta.

Selain Apple dan Samsung, ponsel terlaris 2021 lainnya adalah Xiaomi Redmi 9A. Dirilis pada tahun 2020, Xiaomi Redmi 9A masuk deretan ponsel terlaris di dunia pada 2021.

Xiaomi Redmi 9A berhasil menjadi yang terlaris terutama di India.Xiaomi menjadi smartphone terlaris keenam secara global pada periode Januari - September.

Xiaomi Redmi 9A hadir dengan layar 6,5 inci dan kapasitas baterai cukup besar yakni 5000 mAh.

Fitur yang dimiliki oleh ponsel ini di antaranya adalah face-unlock atau sistem pengenalan wajah yang memberikan akses cepat, aman, dan nyaman.

Xiaomi juga dikenal sebagai ponsel dengan harga cukup terjangkau daripada merek ponsel lainnya seperti Apple dan Samsung.

Di peringkat terakhir ada Xiaomi Redmi Note 9. Redmi note 9 mengusung CPU octa-core yang berkinerja tinggi dengan frekuensi maksimum 2,0 GHz dan frekuensi GPU (Graphics Processing Unit) 1000 MHz untuk meningkatkan efisiensi.

Xiaomi Redmi Note 9 menawarkan pengalaman terbaik terutama pada pengguna game sehingga dapat bermain dengan nyaman. Tak hanya itu terdapat empat kamera belakang yang didukung AI dan kamera depan dengan resolusi 13 MP.

(Sumber:Kompas.com/Soffya Ranti | Editor: Reska K. Nistanto)

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/01/08/081500481/daftar-ponsel-terlaris-di-tahun-2021-iphone-masih-jadi-jawara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke