Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Egy, Asnawi, Witan, hingga Elkan Bakal Absen di Piala AFF U23 2022

Seperti halnya Piala AFF senior, di ajang Piala AFF U23 Indonesia akan bersaing dengan 10 negara lain di kawasan Asia Tenggara. Skuad Garuda Muda tergabung di Grup B, bersaing dengan Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Sementara di Grup A dihuni oleh tuan rumah Kamboja, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam. Adapun Thailand, Vietnam, dan Singapura tergabung di Grup C.

Dijadwalkan Piala AFF U23 akan berlangsung mulai 14 Februari 2022 mendatang. Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan ada empat pemain Indonesia yang kemungkinan bakal absen di Piala AFF U23.

Keempatnya yakni Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, dan Elkan Baggot.

"Saya akan membawa skuad yang ada saat ini, tetapi pemain yang merumput di luar negeri seperti Egy, Witan, Elkan, dan Asnawi, mungkin tidak bisa ikut AFF U23," kata Shin Tae-yong, Jumat (31/12/2021).

Seperti diketahui keempat pemain tersebut kini memang tengah berkarier di luar negeri. Egy bermain di liga utama Slovakia, FC Senica. Lalu Witan Sulaeman saat ini memperkuat tim asal Polandia Lechia Gdansk.

Sedangkan Asnawi Mangkualam merumput di tim divisi dua Korea Selatan Ansan Greeners. Terakhir ada Elkan Baggot yang bermain di klub asal Inggris Ipswich Town.

Secara usia, keempatnya memang masih termasuk kategori U23. Pun mereka juga telah memperkuat Indonesia di ajang Piala AFF 2020 di Singapura. Skuad Indonesia di Piala AFF 2020 lalu memang mayoritas berisikan pemain muda.

Sebut saja Muhammad Riyandi (21 tahun), Rizky Ridho (20), Pratama Arhan (20), Rachmat Irianto (22), Alfeandra Dewangga (20), Ramai Rumakiek (19), hingga Hanis Saghara (22).

Performa impresif yang ditampilkan anak-anak muda ini berhasil membawa tim Garuda hingga babak final.

Meski pada akhirnya harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor agregat 2-6, penampilan Indonesia di ajang tersebut patut diapresiasi.

Ini menjadi modal berharga bagi pelatih asal Korea Selatan itu dalam menghadapi Piala AFF U23 2022.

Datang dengan status juara bertahan

Indonesia sendiri akan datang ke Kamboja dengan status juara bertahan. Ya, pada Piala AFF U23 2019 lalu Indonesia keluar sebagai juara setelah menang 2-1 atas Thailand di final. Sepasang gol kemenangan timnas Indonesia kala itu dicetak oleh Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Haay.

Adapun satu gol untuk Thailand dibukukan oleh Saringkan Promsupa. Ketika menjadi juara edisi 2019, Indonesia masih ditukangi oleh Indra Sjafri yang saat ini menjabat direktur teknik PSSI.

Gelaran Piala AFF U23 2022 akan menggunakan dua stadion di Kamboja, yakni Stadion Morodok Techno dan Prince Stadium.

Jadwal Piala AFF U23 2022 di Kamboja

  • 14-26 Februari 2022

Hasil Drawing fase grup Piala AFF U23 2022:

  • Grup A: Kamboja, Timor Leste, Filipina, Brunei Darussalam
  • Grup B: Indonesia, Malaysia, Myanmar, Laos
  • Grup C: Thailand, Vietnam, Singapura

(Sumber:Kompas.com/Benediktus Agya Pradipta | Editor: Tri Indriawati)

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/01/02/182000681/egy-asnawi-witan-hingga-elkan-bakal-absen-di-piala-aff-u23-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke