Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Aktifkan Verifikasi 2 Langkah pada WhatsApp untuk Cegah Peretasan

Sebagai salah satu aplikasi pesan terpopuler di dunia, WhatsApp memiliki fitur pengamanan yang bisa digunakan untuk mengamankan akun penggunanya dari serangan peretas. Cara mengaktifkannya juga sangat mudah.

Fitur yang dimaksud adalah verifikasi dua langkah atau “two-step verification”. Semua pengguna WhatsApp bisa mengaktifkan pengamanan ini pada akunnya.

Mengaktifkan verifikasi 2 langkah di WhastApp

Berikut adalah cara untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah di akun WhatsApp:

  1. Masuk ke menu pengaturan atau settings di akun WhatsApp. Caranya yakni dengan menekan tanda tiga titik vertikal di bagian pojok kanan atas halaman muka WhatsApp.
  2. Pilih Akun dan kemudian pilih “two-step verification” atau verifikasi 2 langkah.
  3. Selanjutnya Anda diminta untuk memasukkan enam digit PIN. Sebaiknya jangan gunakan PIN dengan angka yang rentan diketahui orang lain seperti tanggal lahir pribadi.
  4. Tahap berikutnya Anda akan diminta untuk mengisi alamat e-mail aktif. Untuk yang satu ini merupakan langkah opsional dan bisa dilewati jika Anda tidak menginginkannya.

Kendati begitu, tetap disarankan untuk mengisi alamat e-mail Anda. Dan perlu diingat, sebisa mungkin alamat e-mail yang Anda gunakan adalah e-mail yang sudah terproteksi dengan baik.

Fungsi alamat e-mail tersebut sangat penting karena akan digunakan sebagai sarana untuk reset PIN jika pengguna lupa pin yang digunakan untuk verifikasi 2 langkah ini. Setelah e-mail diisi dan dikonfirmasi, maka akun Anda sudah terproteksi dengan sistem verifikasi 2 langkah.

Keenam digit PIN yang sudah Anda masukkan tadi akan diminta ketika Anda mencoba membuka akun WhatsApp Anda di perangkat ponsel lain. Jadi, ketika ada yang mencoba menggunakan nomor WhatsApp Anda di ponsel lain, akan dimintai enam digit PIN yang hanya diketahui oleh Anda.

Jika suatu saat Anda lupa berapa PIN yang Anda gunakan, tidak perlu khawatir karena ada opsi masuk menggunakan alamat e-mail yang sebelumnya sudah ada daftarkan.

Sebagai langkah pengamanan ekstra, agar Anda tetap teringat dengan PIN Anda, WhatsApp akan meminta Anda untuk memasukkan PIN Anda secara berkala.

Namun, apabila Anda lupa dengan PIN Anda dan sebelumnya tidak memberikan e-mail, Anda tidak akan diizinkan untuk memverifikasi ulang WhatsApp dalam waktu tujuh hari sejak penggunaan terakhir.

Setelah tujuh hari, nomor telepon Anda akan diizinkan untuk diverifikasi ulang di WhatsApp tanpa PIN. Namun, Anda bakal kehilangan semua pesan tertunda setelah memverifikasi ulang. Pesan-pesan tersebut akan terhapus.

Jika nomor Anda diverifikasi ulang di WhatsApp tanpa PIN setelah 30 hari sejak terakhir menggunakan WhatsApp, akun Anda akan dihapus dan akun baru akan dibuat setelah verifikasi ulang sukses dilakukan.

Nah itu tadi cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi perbuatan orang tidak bertanggung jawab yang melakukan peretasan akun WhatsApp. Jadi, tetap waspada, ya!

(Sumber:Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi | Editor: Reza Wahyudi)

https://www.kompas.com/wiken/read/2021/10/23/085000981/cara-aktifkan-verifikasi-2-langkah-pada-whatsapp-untuk-cegah-peretasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke