Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Balik Lagu Terbaru Adele "Easy on Me": Pesan Perceraian untuk Anak

Lewat unggahan di Instagram, Adele mengaku memerlukan waktu hingga 3 tahun untuk menyelesaikan album tersebut.

"Easy on Me" menjadi lagu pertama di album berjudul 30. Album 30 ini nantinya menampilkan kolaborasi Adele dengan Greg Kurstin, Inflo, Max Martin, Shellback, Ludwig Göransson, dan Tobias Jesso Jr.

Ribuan penggemar yang turut menantikan detik-detik peluncuran di YouTube mampu menangkap tema perceraian sang idola dalam lirik "Easy on Me" .

Dalam wawancara dengan Vogue pada pekan lalu (7/10/2021), Adele memang mengakui sebagian dari album 30 itu terinspirasi dari perceraiannya dengan pengusaha Simon Konecki.

"Itu adalah periode paling bergejolak dalam hidup saya. Ketika saya menulisnya, teman saya datang dengan sebotol wine untuk menghiburku," kata Adele dikutip oleh Pitchwork, Jumat (15/10/2021).

Lagu untuk sang anak soal perceraian

Penyanyi berusia 33 tahun itu menggunakan angka-angka usia penting sebagai pendanda pada tiap album karyanya. Setelah 19, 21, 25, kini 30 ia gunakan sebagai judul album terbarunya.

"Saya merasa album ini seperti menghancurkan diri sendiri, lalu refleksi diri, dan kemudian semacam penebusan diri,” jawab Adele kepada Vogue dengan hati-hati.

"Tapi saya merasa siap. Saya benar-benar ingin orang-orang mendengar cerita dari sisi saya kali ini,” ujarnya.

Adele mengatakan, ia merekam lagu-lagu dalam album 30 untuk putranya. Putra semata wayangnya yang kini berusia 9 tahun, Angelo, mengajukan banyak pertanyaan tentang perceraiannya itu.

Adele dan Simon berpisah pada 2018 dan proses cerai resmi diselesaikan pada 2019.

Pertanyaan-pertanyaan Angelo, kata Adele, benar-benar polos. Namun ia mengaku tak punya jawabannya.

"Misalnya, ‘Kenapa kalian tidak bisa hidup bersama?’" ucap Adele sembari menghela nafas.

Meski tak mampu menjawabnya, Adele merasa ingin menjelaskan kepada buah hatinya melalui rekaman lagu-lagu dalam album 30 tersebut.

"Saya hanya merasa ingin menjelaskan kepadanya, melalui rekaman ini, ketika dia berusia dua puluhan atau tiga puluhan. Siapa saya dan mengapa saya secara sukarela memilih untuk membongkar seluruh hidupnya demi mengejar kebahagiaan saya sendiri," ujar dia.

Hal itu, kata Adele, terkadang membuat Angelo sangat tidak senang. Dan itu juga menjadi luka nyata bagi Adele, yang ia sendiri tidak tahu apakah bisa segera pulih.

Bukan berarti ada orang-orang yang mencoba mencemoohnya, namun Adele menyadari bahwa dialah yang meninggalkan pernikahan.

"Maksudnya, cobalah bersikap baik (easy on me) padaku juga. Itu adalah lagu pertama yang saya tulis di album ini dan kemudian saya tidak menulis apa pun selama enam bulan karena saya seperti, 'Oke, saya sudah mengatakan semuanya,'” katanya.

Vokal pembuka, jelasnya, datang kepadanya ketika dia “menyanyikan akapela di kamar mandi suatu hari di tahun 2018. Pada tahun itulah Adele genap berusia 30 tahun.

Dihibur para sahabat

Pelantun "Someone Like You" itu juga menceritakan peran besar sahabatnya dalam melewati masa-masa sulit tersebut.

"Sahabatku selalu memberikan nasehat terbaik. Ia menemaniku begadang semalaman, memegang tanganku sementara aku terisak tanpa henti tidak tahu mengapa," lanjutnya.

"Dia menjemputku dan membawaku ke suatu tempat. Aku bilang aku tidak ingin pergi tapi dia bilang hanya ingin mengajakku keluar rumah untuk berjemur," ujar Adele menambahkan.

Sebagai informasi, untuk menyambut lagu dan album barunya, Adele ingin menayangkan acara TV spesial yang membahas seputar perilisan album keempatnya tersebut.

Dilansir NME, tim Adele telah mendekati sejumlah jaringan dan beberapa platform streaming.

Mereka bermaksud menawarkan kerja sama untuk menayangkan acara TV spesial bersamaan dengan rilisnya album keempat Adele.

Lirik lagu Easy on Me

Lagu "Easy On Me" sudah bisa dinikmati di berbagai layanan aplikasi streaming musik, dan video klipnya bisa ditonton di kanal YouTube Adele.

There ain’t no gold in this river
that I’ve been washing my hands in forever
I know there is hope in these waters
but I can’t bring myself to swim

When I am drowning in the silence
Baby let me in
Go easy on me
Go easy on me baby

I was still a child
Didn’t get the chance to feel the world around me

There ain’t no gold in this river
That I’ve been washing my hands in forever
I know there is hope in these waters
But I can’t bring myself to swim
When I am drowning in the silence

Baby, let me in
Go easy on me
Go easy on me baby
I was still a child
Didn’t get the chance to feel the world around me

Sumber: Vogue, Kompas.com (Penulis: Vincentius Mario | Editor: Andika Aditia)

https://www.kompas.com/wiken/read/2021/10/16/060900381/di-balik-lagu-terbaru-adele-easy-on-me---pesan-perceraian-untuk-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke