Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Squid Game, Ini 5 Serial Bertema Survival yang Tak Kalah Seru

Serial yang dibintangi oleh aktor papan atas Korea Selatan, Lee Jung Jae, itu bercerita tentang ratusan orang yang mengikuti sebuah permainan berbahaya dengan hadiah yang sangat besar yakni hingga puluhan miliar won.

Secara garis besar, Squid Game mengambil tema survival game atau permainan bertahan hidup. Tema ini tentu bukan suatu hal yang baru karena sering diangkat dalam serial maupun film.

Tema survival banyak digemari karena kerap menampilkan ketegangan yang intens namun tetap menghadirkan storyline yang kuat bagi penonton.

Jika kamu menyukai serial tv bertema survival seperti Squid Game, tidak ada salahnya untuk coba menonton rekomendasi serial survival game lainnya.

Seperti diberitakan Kompas.com Jumat (1/10/2021), berikut 5 rekomendasi serial bertema survival yang tak kalah seru dari Squid Game:

Yang pertama ada Sweet Home. Seperti Squid Game, Sweet Home juga merupakan serial produksi Korea Selatan.

Sweet Home memiliki alur cerita yang cukup sederhana. Kebanyakan manusia berubah menjadi monster sementara sisanya mencoba bertahan hidup.

Namun, yang membuatnya menjadi menarik adalah fondasi filosofinya. Misalnya, serial ini menyoroti pertempuran antara yang baik dan yang jahat, sehingga membuat penonton bertanya-tanya apa artinya menjadi manusia.

Tayang sebanyak 10 episode, serial ini bisa disaksikan di Netflix. Sweet Home dibintangi oleh aktor dan aktris papan atas Korea Selatan seperti Lee Jin Wook dan Lee Si Young serta aktor muda yang sedang naik daun, Song Kang.

Sweet Home juga sempat menjadi serial Korea dengan skor keseluruhan tertinggi di Netflix yakni 428 sebelum akhirnya dipecahkan oleh Squid Game dengan skor 562.

Sejak awal kemunculannya Squid Game kerap dibandingkan dengan Alice in Borderland karena sama-sama mengusung tema survival.

Jika Squid Game berlatar di sebuah pulau terpencil, Alice in Borderland membawa pengaturan game mematikannya ke level lain dan bersantai di kota Tokyo yang sudah dalam keadaan kosong.

Karakter utama yakni Ryohei Arisu--diperankan oleh Kento Yamazaki--dan bersama dua orang temannya tetiba mengikuti sebuah survival game yang berbahaya untuk bertahan hidup.

Seperti di Squid Game, karakter utama Alice in Borderland adalah orang biasa yang tidak memiliki kemampuan khusus. Kurangnya kekuatan inilah yang membuat mereka lebih terhubung dan petualangan mereka lebih mencekam.

Bersamaan dengan itu, serial ini juga menghibur penonton dengan permainan bertahan hidup yang dipikirkan dengan matang, CGI yang mengesankan, dan humor yang luar biasa.

3. Lost

Lost juga merupakan serial bertema survival yang sangat populer. Lost bercerita mengenai sekelompok orang yang selamat dari kecelakaan pesawat terbang.

Mereka kemudian terdampar di sebuah pulau misterius di sekitar Samudra Pasifik. Serial ini memadukan unsur sains fiksi dan supranatural yang dibalut dalam genre thriller, adventure, hingga drama.

Serial TV Amerika Serikat ini berkembang menjadi serial yang sangat populer dan disebut-sebut sebagai salah satu serial TV terbaik sepanjang masa. Lost tayang dari tahun 2004 hingga 2010 terbagi dalam 6 musim atau season dengan lebih dari 100 episode.

4. Liar Game

Liar Game merupakan serial TV produksi Jepang yang tayang pada tahun 2007 dengan mengambil tema survival.

Liar Game berfokus pada kompetisi penipuan di mana kontestan harus berbohong untuk memenangkan 100 juta yen atau kalah dan memiliki jumlah hutang yang sama.

Berbeda dengan Squid Game yang menampilkan permainan yang menggabungkan otak dan fisik, serial ini lebih fokus pada logika dan penalaran.

Untuk para pemain, hidup mereka tidak dipertaruhkan, tetapi taruhannya masih tinggi dan mereka harus menggunakan cara yang cerdik untuk memenangkan hadiah utama.
Alih-alih menggunakan adegan aksi untuk menarik penonton, Liar Game berkembang dengan premis yang cermat dan permainan pikiran yang cerdas.

Kesuksesan Liar Game terbukti dengan dibuatnya sejumlah spin off yang tayang di TV Jepang. Selain itu, serial ini juga dibuat ulang versi Koreanya pada tahun 2014 tetapi masih tetap menggunakan judul yang sama.

Terakhir ada serial asal Brasil yang berjudul 3%. Serial ini memiliki cerita di mana terjadi kesenjangan kelas yang besar antar orang kaya dan miskin.

Kemudian orang miskin dipaksa untuk bersaing dalam serangkaian tes untuk mendapatkan kesempatan untuk menemukan tempat di antara para elit.

Serial ini juga menampilkan seorang protagonis, yang meskipun dalam keadaan yang mengerikan, memegang rasa keadilannya yang kuat, bahkan selama ujian yang paling berat sekalipun.

3% menampilkan cerita yang intens dan seru yang juga dibalut dengan sentuhan sains fiksi di dalamnya. Tayang sejak 2016, serial ini hadir dalam empat musim atau season.

(Sumber:Kompas.com: Rintan Puspita Sari | Editor: Rintan Puspita Sari)

https://www.kompas.com/wiken/read/2021/10/02/214000081/selain-squid-game-ini-5-serial-bertema-survival-yang-tak-kalah-seru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke