Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedangdut Nayunda Minta ke Cucu SYL agar Dijadikan Tenaga Honorer Kementan, Total Gaji Rp 45 Juta

Kompas.com - 30/05/2024, 16:15 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pedangdut Nayunda Nabila Nizrinah mengatakan, ia meminta kepada cucu mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Andi Tenri Bilang Radisyah Melati, agar dijadikan tenaga honorer di Kementerian Pertanian (Kementan).

Hal tersebut disampaikan Nayunda ketika dihadirkan sebagai saksi dalam sidang kasus pemerasan dan gratifikasi yang menjerat SYL di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2024).

Dilansir dari Kompas.id, Rabu, Nayunda mengaku pada saat itu ia diminta untuk menyampaikan keinginannya secara langsung kepada anak SYL yang juga ibu Andi, Indira Chunda Thita.

“Lalu, Bu Thita minta saya serahkan curriculums vitae saja. Setelah itu saya dipanggil ke Kementan untuk wawancara informal saja. Saya lupa bertemu dengan ibu siapa. Lalu, Minggu depannya saya sudah diminta masuk kerja,” kata Nayunda.

Baca juga: SYL Beri Nayunda Nabila Kalung Emas dan Tas Mewah Pakai Uang Kementan

Hanya masuk kerja dua kali

Kepada hakim, Nayunda menyampaikan ia ditugaskan sebagai anggota staf umum di Kementan, namun dirinya hanya masuk kerja dua hari.

Nayunda mengaku tidak masuk kerja karena pada hari berikutnya mendapat undangan sebagai penyanyi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Setelah itu, Nayunda mendapat pesan dari Indira supaya tidak perlu masuk kerja lagi.

Ia tidak bertanya kepada Indira mengapa dirinya diberhentikan dari Kementan dan hanya bisa menuruti permintaan tersebut.

“Seingat saya bekerja mulai Maret 2021 Yang Mulia. Saya digaji sekitar Rp 4,3 juta atau Rp 4,5 juta saya lupa Yang Mulia,” ungkap Nayunda kepada hakim.

Baca juga: Pengakuan Istri, Anak, dan Cucu SYL soal Dugaan Aliran Uang dari Kementan

Total gaji mencapai Rp 45 juta

Dalam persidangan, Ketua Majelis Hakim Rianto Adam Pontoh mengingatkan bahwa Nayunda sudah menerima gaji dengan total Rp 45 juta sepanjang 2021 selama ia menjadi tenaga honorer di Kementan.

Nayunda seharusnya menjalankan kewajibannya sebagai tenaga honorer dengan cara masuk kerja, namun ia mendapat gaji buta alias mendapat upah tanpa bekerja.

Nayunda menjelaskan, ketika ia diminta berhenti menjadi tenaga honorer Kementan, dirinya mengira semuanya akan disetop, termasuk gaji. Namun, nyatanya Nayunda tetap mendapat gaji.

“Waktu saudara diminta diminta Bu Thita tidak masuk kerja lagi, saksi menghadap ke Kementan enggak untuk mengundurkan diri. Dan minta gajinya disetop. Karena uang negara yang menggaji Anda ini?,” ujar Rianto.

Baca juga: 7 Orang Dekat SYL yang Disebut Dapat Duit dari Kementan

Nayunda diminta kembalikan gaji

Mengetahui Nayunda mendapat gaji buta dari Kementan, hakim meminta Nayunda mengembalikan uang yang sudah diterima.

Hakim menilai, uang tersebut bukanlah hak Nayunda untuk menerimanya karena ia tidak bekerja.

“Sudah dikembalikan nggak uang ini? Harus dikembalikan! Karena bukan hak saudara untuk menerima itu,” ujar hakim dikutip dari Kompas.com, Rabu (30/5/2024).

“Kalau saudara kerja nggak masalah. Tapi yang lucu, saudara nggak kerja kok gaji saudara jalan terus,” tambahnya.

Baca juga: Sosok Kemal Redindo, Anak SYL yang Minta Uang ke Pejabat Kementan untuk Aksesori Mobil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com