Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Durasi Jalan Kaki untuk Mengecilkan Perut Buncit?

Kompas.com - 28/05/2024, 06:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jalan kaki setiap hari terbukti secara ilmiah bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya mengecilkan perut buncit.

Penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan lemak perut.

Tim Church, MD, MPH, PhD, dari Pusat Penelitian Biomedis Pennington, Louisiana State University mengatakan, jalan kaki membantu mengurangi lemak perut bagian dalam yang disebut dengan lemak visceral.

"Jika Anda berolahraga cukup untuk menghilangkan 10 persen lemak tubuh Anda, Anda sebenarnya bisa mengurangi lemak visceral hingga 30 persen," ujar Church, dilansir dari Prevention.

Baca juga: Manfaat Jalan Kaki 10 Menit Setelah Makan, Apa Saja?

Jalan kaki setiap hari bisa mengecilkan perut buncit

Jalan kaki setiap hari yang dilakukan secara teratur dikaitkan dengan penurunan lemak perut.

Dikutip dari Healthline, jalan kaki termasuk olahraga aerobik yang paling efektif untuk mengurangi lemak di perut dan mempertahankan otot tanpa lemak.

Penelitian yang dilakukan pada pria dan wanita obesitas dengan lingkar pinggang masing-masing adalah 102 cm dan 88 cm menunjukkan, jalan kaki 50-70 menit 3 kali dalam seminggu selama 12 minggu bisa mengecilkan perut buncit.

Dalam penelitian tersebut, rata-rata personel mengalami penurunan lingkar pinggang.

Hal itu karena lemak yang berada tepat di bawah kulit (subkutan) dan lemak yang tersembunyi di dalam rongga perut (visceral) berkurang secara signifikan pada kelompok yang berjalan kaki.

Studi lain menemukan, orang yang menjalani diet dan berjalan kaki selama 1 jam sebanyak 5 kali per minggu selama 12 minggu mengalami penurunan lingkar pinggang beberapa inci dibandingkan dengan mereka yang hanya mengikuti diet saja.

Trainer Academy Domenic Angelino mengatakan, jalan kaki adalah olahraga yang bisa menghilangkan lemak tubuh secara keseluruhan, termasuk di sekitar perut.

"Berjalan membantu membakar lebih banyak kalori tanpa terlalu merasa lelah," kata dia, dilansir dari Eat This Not That.

"Ini berarti Anda dapat meningkatkan defisit kalori lebih banyak dibandingkan jika Anda tidak berjalan kaki sama sekali," lanjutnya.

Selain itu, olahraga jalan kaki juga tidak terlalu banyak membutuhkan perencanaan dan pemikiran. Dengan begitu, Anda dapat menghilangkan lebih banyak lemak perut dalam jangka panjang karena masih menyimpan energi untuk olahraga lainnya.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, disarankan untuk menambah intensitas jalan kaki setiap harinya.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 9 Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas Kaki di Pagi Hari

Berapa lama durasi jalan kaki untuk mengecilkan perut buncit?

Dikutip dari Medical News Today, studi lainnya juga menemukan bahwa jalan kaki dapat membantu membakar lemak tubuh, termasuk lemak yang tersimpan di area perut.

Meski demikian, ada durasi minimal agar rutinitas jalan kaki bisa efektif membakar lemak perut.

Dilansir dari Prevention, penelitian yang dilakukan selama 40 tahun menemukan, jalan kaki dengan cepat selama 2,5 jam dalam seminggu atau 20 menit per hari dapat mengecilkan perut buncit.

Jika dilakukan secara konsisten, lemak di perut Anda akan hilang sekitar 1 inci selama 4 minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com