Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Perkenalkan Fitur AI Overview di Ajang Google I/O 2024, Apa Itu?

Kompas.com - 18/05/2024, 21:00 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Google mengumumkan teknologi baru di ajang Google I/O 2024 (15/5/2024), salah satunya adalah fitur AI Overview di Google Search.

Saat ini AI Overview baru dapat digunakan di wilayah Amerika Serikat, dan direncanakan akan dirilis untuk pengguna umum pada akhir 2024.

Dilansir dari laman Support Google, AI Overviews adalah fitur di Google Search yang mempermudah pencarian dengan menyediakan rangkuman.

Ringkasan singkat tersebut dihasilkan AI dengan informasi penting dan tautan untuk membantu Anda menggali informasi lebih dalam.

Baca juga: Bisakah Hapus Data Pribadi di Google agar Jejak Digital Tak Diketahui?

AI Overviews muncul di hasil Google Penelusuran saat sistem Google menentukan bahwa respons generatif dapat sangat membantu penggunanya.

Misalnya, saat Anda ingin memahami informasi dengan cepat dari berbagai sumber, termasuk informasi dari seluruh web dan grafik pengetahuan Google.

AI Overview awalnya dikenal sebagai Search Engine Experience (SGE) saat masih dalam tahap uji coba. Aksesnya terbatas untuk pengguna yang terdaftar di program “Search Lab”.

Baca juga: Google Chrome Enterprise Premium Dirilis, Simak Keunggulan dan Harganya


Bagaimana cara kerja AI Overviews?

AI Overviews menunjukkan tautan ke sumber yang mendukung informasi dalam cuplikan, dan mengeksplorasi topiknya lebih jauh.

Hal ini memungkinkan orang untuk menggali lebih dalam dan menemukan beragam konten mulai dari penerbit, pembuat konten, bisnis, dan banyak lagi.

Baca juga: Google Perkenalkan Produk AI Baru Bernama Project Astra, Apa Itu?

Sistem Google secara otomatis menentukan tautan mana yang muncul. Tidak ada hal khusus yang perlu dilakukan pembuat konten.

Itu akan ada secara otomatis selama mereka mengikuti panduan Google agar dapat tampil di penelusuran, seperti yang tercakup dalam Google Search Essentials.

AI Overviews menawarkan pratinjau topik atau kueri berdasarkan berbagai sumber, termasuk sumber web.

Baca juga: Cara Daftar Akun Google lewat HP, Bisa Menggunakan E-mail Lama

Untuk mencoba fitur AI Overviews di hasil pencarian, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka browser Google Chrome di komputer Anda.
  • Masuk ke akun Google Anda.
  • Lakukan pencarian di Google. Jika AI Overviews atau fitur AI generatif eksperimental lainnya tersedia, fitur tersebut akan ditampilkan di hasil penelusuran.

Baca juga: Cara Cek Rest Area Terdekat lewat Google Maps Saat Arus Balik Lebaran

Tidak hanya di PC atau komputer, cara yang sama bisa dilakukan di aplikasi Chrome ponsel selama Anda masuk dengan akun Google.

Untuk beberapa penelusuran, Anda mungkin memiliki opsi untuk membuat AI Overviews. Dan tidak semua hasil penelusuran menyediakan AI Overviews.

DOK. ACCESS PATNERSHIP Google Play

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com