Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diserang Rudal Iran, Ini Gambaran Sistem Pertahanan Udara Israel

Kompas.com - 14/04/2024, 08:00 WIB
Laksmi Pradipta Amaranggana,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sirene dan ledakan serangan udara terdengar di kota-kota di seluruh Israel, termasuk Tel Aviv dan Yerusalem, ketika pasukan Israel, AS, Inggris, dan Yordania menembak jatuh rudal dan drone yang diluncurkan dari Iran.

Teheran mengatakan pihaknya melakukan serangan itu sebagai tanggapan atas serangan Israel terhadap konsulat Iran di Suriah dan mengatakan bahwa masalah tersebut sekarang dapat “dianggap selesai”.

Dikutip dari Aljazeera, juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan bahwa Iran meluncurkan lebih dari 200 proyektil ke Israel, “sebagian besar” di antaranya telah dicegat oleh sistem pertahanan udara dan bantuan dari “mitra”.

“Sejumlah rudal Iran jatuh di wilayah Israel, menyebabkan kerusakan kecil pada pangkalan militer tanpa korban jiwa. Hanya satu gadis kecil yang terluka, dan kami berharap dia baik-baik saja,” kata Hagari.

Namun dia menekankan bahwa serangan itu masih berlangsung, dan militer Israel “beroperasi dengan kekuatan penuh” untuk menangkisnya.

Baca juga: Iran Meluncurkan Serangan Drone ke Arah Israel

100 drone Iran dicegah masuk wilayah Israel

Iran meluncurkan serangan drone ke arah Israelscreenshoot Iran meluncurkan serangan drone ke arah Israel

Militer Israel mengatakan lebih dari 100 drone Iran juga dicegat di luar wilayahnya dengan bantuan dari Amerika Serikat dan Inggris.

Kantor berita Reuters mengatakan pasukan Yordania juga menembak jatuh drone Iran yang terbang melintasi Yordania utara dan tengah menuju ke arah Yerusalem.

Sementara dikutip dari AP, para pejabat AS mengatakan pasukan militer Amerika telah menjatuhkan beberapa drone penyerang yang diluncurkan Iran yang terbang menuju Israel.

Demikian menurut seorang pejabat pertahanan AS dan dua pejabat AS yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya untuk membahas masalah tersebut. Pejabat pertahanan mengatakan upaya untuk mencegat serangan itu terus berlanjut.

Serangan yang dilakukan oleh drone dan rudal balistik Iran menimbulkan tantangan terbaru bagi sistem pertahanan udara Israel, yang telah bekerja lembur untuk mengatasi serangan roket, drone, dan rudal yang masuk selama perang enam bulan melawan Hamas.

Baca juga: Sirene Peringatan Terdengar di Israel Usai Serangan Udara Iran

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com