Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Cari Orang yang Mau Jalani Simulasi Hidup di Mars, Terisolasi Setahun Penuh

Kompas.com - 23/02/2024, 15:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS (NASA) sedang mencari sukarelawan untuk tinggal di replika planet Mars selama setahun penuh.

Sukarelawan tersebut nantinya akan bekerja sama membantu persiapan NASA dalam mengeksplorasi planet tersebut.    

Misi itu disebut Crew Health and Performance Exploration Analog (CHAPEA) yang berlangsung di habitat Mars yang dicetak 3D di Johnson Space Center NASA di Houston, Texas, AS, dikutip dari CBS News, Senin (19/2/2024).

CHAPEA dirancang untuk membantu mengembangkan dan mengevaluasi sistem yang akan digunakan oleh astronot generasi pertama yang mengunjungi Mars dalam misi yang ambisius yang dijadwalkan akan berlangsung pada tahun 2030-an. 

Baca juga: NASA Luruskan Kabar Asteroid yang Disebut Akan Tabrak Bumi pada 2024


Sukarelawan akan tinggal di Mars Dune Alpha

NASA mengatakan, para sukarelawan nantinya akan tinggal di habitat seluas 1.700 kaki persegi yang disebut Mars Dune Alpha.

Mars Dune Alpha akan mensimulasikan habitat Mars di masa depan dengan area terpisah untuk tempat tinggal dan bekerja.

Tempat ini mencakup empat tempat tinggal untuk setiap sukarelawan, mulai dari ruang kerja, stasiun medis, area lounge, dapur, serta stasiun penanaman makanan.

Sama seperti kehidupan di Mars yang sebenarnya, sumber daya yang ada di sana juga terbatas.

Oleh karena itu, para sukarelawan dalam simulasi ini juga akan melakukan perjalanan ruang angkasa dan harus bekerja untuk mempertahankan habitat, bercocok tanam, dan bekerja dengan robot.

Mereka akan mengalami tekanan lingkungan yang khas mirip di planet Mars yang sebenarnya, serta menghadapi kegagalan peralatan dan penundaan komunikasi yang diperkirakan mungkin terjadi di perjalanan nyata.

Baca juga: Spesifikasi Supersonik X-59, Pesawat Baru Milik NASA yang Bisa Terbang Melebihi Kecepatan Suara

Kriteria kandidiat yang dibutuhkan

NASA mengatakan bahwa misi tersebut akan dimulai pada musim semi 2025. Untuk itu, bagi mereka yang tertarik menjadi sukarelawan dalam misi ini akan memiliki waktu hingga 2 April  tahun depan untuk mendaftar.

Para sukarelawan yang terpilih akan mendapatkan kompensasi atas waktu mereka, meskipun NASA tidak menyebutkan berapa banyak yang akan diberikan.

Untuk sukarelawan, NASA menfokuskan untuk mendapatkan kandidat yang tepat dan sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.

Selain mensyaratkan harus warga negara AS, NASA juga mencari sukarelawan yang memiliki gelar sarjana di bidang teknik, matematika, biologi, fisika, atau ilmu komputer, dan pengalaman di bidang-bidang tersebut atau memiliki 1.000 jam terbang sebagai pilot.

Selain itu sukarelawan juga harus sehat jasmani dan rohani, tidak merokok, dan penduduk tetap berusia 30-55 tahun.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com