Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Kompas.com - 17/02/2024, 10:00 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa pencinta kucing biasanya akan dengan senang hati untuk mengadopsi atau memelihara kucing liar yang dianggap memiliki kondisi yang malang.

Kucing liar adalah kucing yang lahir dan hidup di alam liar, sehingga bertahan hidup secara mandiri dan jarang melakukan kontak dengan manusia.

Baca juga: Mengenal Kucing Chartreux, Berikut Asal-usul dan Tips Perawatannya

Namun, berbeda dengan kucing besar yang hidup di alam liar, kucing liar yang dimaksud di sini adalah kucing tunawisma yang menghabiskan seluruh hidupnya di luar tanpa pemilik.

Meski memiliki niatan baik untuk mengadopsi kucing malang tersebut, bukan berarti Anda boleh langsung mengambil dan membawanya ke rumah.

Sebab, kucing liar memiliki perilaku dan kebiasaan yang berbeda dengan kucing peliharaan. Ditambah dengan adanya potensi penyakit yang dibawa.

Baca juga: Apa Perbedaan Kucing Domestik dan Kucing Liar?


Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengadopsi atau memelihara kucing liar:

1. Mulai dengan makanan kucing

Dilansir dari laman The Spruce Pets, diketahui secara luas bahwa kucing liar dapat dengan mudah dijinakkan jika mereka merasa puas dengan akses terhadap makanan yang rutin.

Jadi, jika Anda mempertimbangkan untuk menjinakkan kucing liar di lingkungan Anda, sebaiknya Anda mulai dengan membangun rutinitas seputar makanan untuk mereka.

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menawarkan makanan. Tawarkan makanan kepada kucing pada waktu yang sama setiap hari.

Baca juga: 5 Tips Sederhana Memilih Pasir Kucing untuk Kotak Kotorannya

2. Kesehatan kucing

Ilustrasi kucing liar.Unsplash/vincenzo-tabaglio Ilustrasi kucing liar.

Meski kucing sudah mulai jinak, hindari untuk langsung membawa kucing tersebut ke dalam rumah. Terutama jika Anda memiliki anak-anak atau hewan peliharaan lain.

Sebaiknya, bawalah kucing ke dokter hewan untuk pemeriksaan menyeluruh, dan vaksinasi. Langkah ini sangat penting untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Baca juga: 9 Rekomendasi Ras Kucing yang Cocok untuk Pemula

3. Biarkan kucing memulai kontak

Sejalan dengan itu, dilansir dari laman PetKeen, kucing liar menganggap manusia sebagai predator, sehingga mereka dapat menggigit, mendesis, atau bahkan menyerang Anda.

Saat ingin menjinakkan kucing liar, sebaiknya biarkan kucing itu sendirian terlebih dahulu. Biarkan mereka menjalankan aktivitasnya seperti biasa.

Jika ingin kucing lebih sering berada lebih dekat dan tertarik pada Anda, jangan berikan perhatian. Sebaliknya, tunggu saat mereka terus berada di sekitar Anda, maka lakukan interaksi.

Baca juga: 10 Ciri Kucing Peliharaan Menjadi Bucin pada Pemiliknya, Apa Saja?

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com