Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Buah dan Sayuran Kaya Retinol, Bantu Perbaiki dan Cegah Penuaan Kulit

Kompas.com - 04/02/2024, 21:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah buah-buahan diketahui mengandung zat pembentuk retinol yang terbukti bermanfaat untuk kulit.

Salah satunya adalah pepaya, buah yang kerap dianggap memiliki retinol alami, kandungan anti-aging yang membantu memperbaiki kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah.

Informasi pepaya sebagai buah kaya retinol tersebut diunggah oleh akun media sosial X (dulu Twitter) @ohmybeauty***, Sabtu (3/2/2024).

"Gaes selain pake skincare, kalian suka makan buah apa aja yg bagus buat kulit? aku baru tau kalo pepaya itu retinol alami," tulis pengunggah.

Lantas, apa saja buah kaya retinol yang bagus untuk kulit?

Baca juga: Mengenal Retinol, Cara Pakai, Manfaat, hingga Efek Sampingnya


Buah kaya retinol yang bagus untuk kulit

Spesialis kesehatan kulit dan kelamin dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Ismiralda Oke Putranti mengatakan, buah-buahan seperti pepaya tidak langsung mengandung retinol.

"Tetapi mengandung beta karoten yang akan dikonversi menjadi retinol di dalam tubuh," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (4/2/2024).

Sebagai informasi, retinol adalah salah satu turunan vitamin A, sedangkan karoten merupakan provitamin A atau zat yang dapat diubah di dalam tubuh menjadi vitamin A.

Berbeda dengan produk perawatan wajah yang mengandung retinol dan diformulasikan khusus untuk kulit, menurut Ismiralda, mengonsumsi buah-buahan kaya provitamin A tidak hanya bermanfaat untuk kulit.

Baca juga: 5 Jenis Buah yang Bisa Picu Gula Darah Naik, Penderita Diabetes Wajib Waspada

Misalnya, pepaya mengandung zat aktif berupa beta karoten, alkaloid, karpain, dihydrocarpine, flavonoid, tannin, nikotin, glikosida sianogenik, papain, dan vitamin D.

"Dalam jumlah yang cukup akan memberikan manfaat tidak hanya kulit, tapi bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh," tutur Ismiralda.

Dia merinci, beberapa buah dan sayuran pun tercatat mengandung beta karoten yang dapat diubah menjadi retinol oleh tubuh.

Meski tidak semua, salah satu ciri makanan yang mengandung nutrisi ini adalah berwarna oranye.

"Aprikot, squash (labu), cantaloupe (blewah), mangga, wortel, kale, bayam, ubi manis, paprika, lettuce romaine (selada romaine)," kata Ismiralda.

Baca juga: 5 Buah Terburuk untuk Gigi, Berpotensi Sebabkan Gigi Kuning dan Berlubang

Dikutip dari laman Healthline, berikut sederet buah dan sayur dengan kandungan provitamin A yang dapat diubah menjadi retinol oleh tubuh:

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com