Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

"Gap" Generasi, Benarkah Generasi Milenial Lebih Boros?

Kompas.com - 21/09/2023, 15:43 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Rizky Nauvalif

KOMPAS.com - Generasi Baby Boomer, Gen X, Gen Y (Milenial), Gen Z, hingga Gen Alpha selalu menjadi bahan perbincangan yang tak ada habisnya. Pasalnya, setiap generasi memiliki karakteristik bahkan stereotipnya tersendiri.

Misalnya Generasi Baby Boomer yang memiliki stereotype kaku, mengutamakan hierarki, serta tak paham teknologi. Karakteristik tersebut dianggap berbanding terbalik dengan Generasi Milenial dan Generasi Z.

Kukuh dan Dwik membahas fenomena ini dalam siniar Balada +62 episode “Milenial dan Gen Z Gak Bisa Beli Rumah, Kukuh Dwik: Semua Gara-gara Boomer!” yang dapat diakses melalui tautan s.id/Balada62Rumah.

Memahami Kesenjangan Generasi

Erwin Parengkuan dan Becky Tumewu dalam buku Generation Gap(less): Seni Menjalin Relasi Antargenerasi memaparkan, salah satu solusi utama untuk mengatasi kesenjangan generasi adalah komunikasi yang efektif.

Pasalnya, perbedaan karakteristik pada setiap generasi berpotensi menimbulkan konflik antar sesama. Hal ini dikarenakan masing-masing generasi memiliki pandangan dan pengalaman yang berbeda.

Kesenjangan generasi atau generation gap merupakan penanda perbedaan antar generasi yang dapat menimbulkan konflik dan mempersulit komunikasi.

Mengenal Karakteristik Setiap Generasi

Dilansir dari BBC, Alexis Abramson, seorang ahli dalam pengelompokan generasi mengatakan, perbedaan waktu kelahiran menghasilkan karakteristik yang berbeda-beda.

Baby Boomer

Istilah ini berasal dari Biro Sensus AS, yaitu badan resmi pemerintah AS yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan data penduduk Amerika Serikat. Generasi ini dinamakan Baby Boomer karena lonjakan besar kelahiran setelah Perang Dunia II.

Baca juga: Kenali 3 Istilah Ini untuk Kesehatan Mentalmu

Baby Boomer adalah mereka yang lahir di tahun 1946-1964 dan berusia 57-75 tahun pada 2021. Abramson mengatakan bahwa Baby Boomer memiliki karakteristik yang mandiri, kompetitif, dan memiliki komitmen tinggi.

Kecenderungan kompetitif pada Baby Boomer kemungkinan disebabkan oleh banyaknya individu yang lahir pada generasi ini, sehingga mereka harus bersaing untuk mendapatkan tempat di masyarakat.

Generasi X

Thinktank Resolution Foundation mendefinisikan Generasi X sebagai mereka yang lahir di antara tahun 1965 sampai 1980. Generasi X tumbuh di masa ketika teknologi berkembang pesat, tetapi belum secanggih seperti sekarang.

Oleh karena itu, generasi ini masih merasakan pertumbuhan dunia digital dan pernah mengalami kehidupan non-digital. Pada akhirnya, mereka pun memahami pentingnya dua era tersebut.

Abramson berpendapat bahwa Generasi X memiliki karakteristik yang logis, banyak akal, dan pemecah masalah yang baik.

Generasi Y atau Milenial

Milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1980 hingga 1996. Generasi ini kerap digambarkan sebagai pemalas dan dinilai lebih boros.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com