Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Kulit Berjerawat Harus Berhenti Menggunakan Sunscreen, Benarkah Demikian?

Kompas.com - 24/05/2023, 19:15 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan video bernarasi yang menyebutkan bahwa saat kulit sedang breakout atau berjerawat, maka harus berhenti menggunakan sunscreen terlebih chemical sunscreen, ramai di media sosial.

Unggahan itu dibuat oleh akun TikTok ini pada (11/5/2023). Pengunggah mengatakan hal tersebut berdasarkan saran dari para dermatolog.

"Better physical atau mineral sunscreen dengan spf yang kecil," tulis unggahan tersebut.

Beberapa warganet turut berkomentar terkait dengan unggahan tersebut. Beberapa di antaranya setuju, namun beberapa lainnya tidak setuju.

"Aku sama spkk ttp di anjurin pake sunscreen kok malah WAJIB replay tiap 3jam sekali tp emng spf nya kcl," kata akun @akuichaa0.

"Bener aku cuman pake f&L ga berjerawat dan lumyan bersih tp setelah aku tambahin sunscreen sama moisture jadi kusam jerawat muncul dan bruntusan kul," tulis akun @bibimbab_4.

@temanspillspill Better physical atau mineral sunscreen dengan spf yang kecil #skincareroutine #skincaretips #acnefighter #sunscreen #chemicalsunscreen ? A Sky Full of Stars - Coldplay

Hingga Rabu (24/5/2023) sore, unggahan itu sudah dilihat sebanyak 5,7 juta kali dan mendapatkan lebih dari 6.200 komentar dari warganet.

Baca juga: Ramai soal Mengoleskan Tomat Segar dan Gula Disebut Bisa Menghilangkan Jerawat, Benarkah Demikian?

Penjelasan dokter 

Memakai sunscreen atau sunblock untuk melindungi dari radiasi UV. Shutterstock/Lyubov Levitskaya Memakai sunscreen atau sunblock untuk melindungi dari radiasi UV.
Dokter spesialis kulit dan kelamin dari RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto, Ismiralda Oke Putranti mengatakan bahwa kulit berjerawat harus tetap memakai sunscreen. Akan tetapi, memang lebih disarankan untuk memakai sunscreen khusus untuk kulit berjerawat.

"Harus tetap pakai, tapi pakainya sunscreen yang khusus untuk kulit berjerawat atau kulit sensitif," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (24/5/2023).

Ismiralda menyarankan agar memilih sunscreen yang tidak mengandung fragrance (aroma atau bau), minyak, dan silicon. Hal ini karena, bahan-bahan tersebut bisa memperparah jerawat dan memicu peradangan.

Sunscreen atau tabir surya adalah produk yang berfungsi untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar Matahari.

Akan tetapi dalam pembuatan produk sunscreen, sering kali ditambahkan bahan-bahan aktif lainnya seperti vitamin, antioksidan, niacinimide, dan hyaluronat.

"Sunscreen dengan tambahan hyaluronat bisa berperan sebagai sunscreen sekaligus moisturizer," ungkapnya.

Ini karena kandungan dalam sunscreen tersebut dapat menjadi antioksidan yang bisa membantu menekan reaksi inflamasi.

Sementara itu, sunscreen dengan niacinimide bisa membantu menekan jerawat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com