Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balita yang Kecanduan Ponsel Bisa Sebabkan Speech Delay, Benarkah?

Kompas.com - 25/03/2023, 06:00 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menyebut bahwa balita (bayi di bawah lima tahun) yang sering diberi gadget akan cenderung mengalami speech delayviral di media sosial Twitter.

Speech delay adalah gangguan perkembangan yang menyebabkan anak terlambat berbicara.

"Bacain repnya, sender ngerasa relate karena keponakan sender umurnya jalan 3 tahun tapi belum bisa ngomong suatu kata, even mama papa pun ga bisa bisa sembuh ga sih huhu," kata akun tersebut.

Hingga Jumat (24/3/2023) unggahan tersebut telah disukai lebih dari 16.800 kali.

Baca juga: Punya 4 Anak, Fanny Fabriana Jalani Ramadhan Tanpa Baby Sitter

Benarkah anak sering main ponsel sebabkan speech delay?

Psikolog dari Lembaga Psikologi Anava Solo, Maya Savitri menjelaskan bahwa anak balita memang sebaiknya belum diberikan ponsel.

Menurut Maya perkembangan usia balita terutama batita masih sangat rentan, sehingga yang paling dibutuhkan oleh anak usia tersebut bukanlah gawai, namun stimulus langsung dari orangtuanya.

Kasus yang banyak terjadi sebagai akibat dari paparan gadget berlebihan dan tanpa pendampingan orang tua salah satunya speech delay.

Maya mengatakan, gadget bisa membuat speech delay karena membuat anak cenderung menjadi pendengar pasif.

"Sehingga anak tak mampu melakukan komunikasi alami," kata Maya saat dihubungi Kompas.com (23/3/2023).

Baca juga: Ramai soal Membentak Anak Bisa Membunuh Sel-sel Otak, Benarkah? Ini Penjelasannya

Apa itu speech delay?

Dikutip dari laman Siloam Hospital Speech delay adalah gangguan perkembangan yang menyebabkan anak terlambat berbicara.

Anak pengidap speech delay mengalami keterlambatan dalam berbicara jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya.

Speech delay terjadi ketika anak belum juga mencapai kemampuan berbahasa, walaupun dari segi usia seharusnya mereka sudah bisa berbicara. Pada kondisi ini, anak mungkin mengalami kesulitan memahami orang lain maupun mengekspresikan diri.

Beberapa parameter yang dapat dijadikan acuan untuk mengamati apakah anak mengalami speech delay adalah sebagai berikut:

  • Usia 2 tahun: Ketidakmampuan mengucapkan setidaknya 25 kata atau tidak mampu menyebutkan nama-nama benda dengan benar.
  • Usia 2,5 tahun: Ketidakmampuan menggunakan frasa dua kata atau kombinasi kata benda atau tidak mampu menyebutkan nama anggota badan dengan benar.
  • Usia 3 tahun: Tidak mampu menggunakan 200 kata, sulit memahami ucapannya, tidak mampu meminta sesuatu dengan nama, atau tidak mampu menyusun sebuah kalimat.
  • Usia di atas 3 tahun: Tidak dapat menirukan atau mengucapkan kata-kata yang sebelumnya sudah dipelajari atau tidak mampu menyebutkan nama lengkapnya dengan benar.

Penyebab Speech Delay

Penyebab speech delay belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang diduga dapat memengaruhi terjadinya speech delay pada anak. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Kondisi medis di kandungan atau baru lahir

Beberapa kondisi medis pada bayi yang dapat menyebabkan speech delay adalah sebagai berikut:

  • BBLR (berat badan lahir rendah).
  • Kelahiran prematur.
  • Bayi kuning.
  • Infeksi TORCH dalam kandungan yang dapat memicu masalah pendengaran pada bayi dan menyebabkan speech delay.
  • Tidak mendapatkan cukup oksigen saat lahir (asfiksi).
  • Hipotiroid kongenital yang tidak terdiagnosis lebih awal sehingga tidak mendapatkan pengobatan.

2. Memiliki riwayat kejang, trauma kepala, dan radang otak

Riwayat kejang yang lama, peradangan pada otak, dan trauma kepala yang terjadi pada bulan-bulan awal kehidupan dapat meningkatkan risiko speech delay.

3. Masalah pendengaran

Salah satu penyebab utama dari speech delay adalah adanya masalah pendengaran. Memiliki gangguan pendengaran membuat anak hanya bisa mendengar dengan volume tertentu. Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh infeksi telinga atau bawaan lahir.

4. Gangguan fungsi oromotor dan struktur mulut

Speech delay adalah kondisi yang dapat disebabkan oleh masalah pada area otak yang mengontrol gerakan dan koordinasi bibir, lidah, serta rahang untuk mengeluarkan suara. Kondisi ini juga kerap berdampak pada cara makan anak.

Selain itu, masalah struktur pada mulut, misalnya bibir sumbing, juga dapat menyebabkan gangguan pada gerakan lidah untuk memproduksi suara.

5. Autisme

Sebagian besar anak pengidap autisme mengalami masalah perkembangan bahasa dan sosial. Akan tetapi, keterlambatan berbicara akibat autisme lebih sulit disadari karena terkadang anak tetap dapat merangkak, berdiri, dan duduk sesuai usia perkembangan normal.

6. Riwayat keluarga

Speech delay adalah suatu kondisi yang juga bisa diturunkan dari keluarga. Apabila terdapat riwayat keluarga yang memiliki masalah berbahasa, seperti gagap, disleksia, atau terlambat bicara, risiko anak mengalami speech delay akan lebih besar.

7. Kurang stimulasi

Kurang stimulasi artinya anak tidak diberikan pancingan untuk berbicara, sehingga kurang terbiasa mengucapkan kata-kata. Salah satu penyebab anak mengalami speech delay adalah kurangnya pengetahuan orang tua tentang parenting.

8. Terlalu banyak bermain gadget

Menurut penelitian, anak yang memegang gadget untuk bermain games atau menonton video sebelum bisa berbicara dapat menyebabkan anak mengalami keterlambatan bicara dibandingkan anak yang tidak bermain gadget.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com