Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tradisi Unik Perayaan Nyepi di Indonesia, Apa Saja?

Kompas.com - 20/03/2023, 07:05 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari raya Nyepi adalah hari besar bagi seluruh umat Hindu di Indonesia dalam memperingati Tahun Baru Saka. Tahun ini, Hari raya Nyepi 2023 jatuh pada Rabu (22/3/2023).

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Nomor 1066 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022, dan Nomor 3 Tahun 2022 tentang Hari Raya Nyepi 2023 atau Tahun Baru Saka 1945.

Kalender Saka merupakan sistem penanggalan yang biasanya digunakan oleh umat Hindu di Bali.

Dalam perayaan Hari raya Nyepi di Indonesia, beberapa daerah memiliki tradisi dan ritual perayaan yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Hindu untuk menyambut hari suci tersebut. 

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Hari Raya Nyepi Ditetapkan Jadi Hari Libur Nasional

Lantas, apa saja tradisi yang biasanya dilakukan masyarakat Indonesia menjelang Hari raya Nyepi?


1. Upacara Melasti di Bali

Ilustrasi umat Hindu yang tengah melaksanakan upacara Melasti di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar, Bali.Dok. Shutterstock/BanGhoL Ilustrasi umat Hindu yang tengah melaksanakan upacara Melasti di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar, Bali.
Diberitakan Kompas.com (8/8/2022), upacara Melasti merupakan sebuah tradisi yang biasa dilakukan oleh umat Hindu di Bali sebelum masuk Hari raya Nyepi.

Masyakarakat Bali melakukan upacara ini dengan cara membasuhkan muka atau menyentuh air sebagai simbol membuang karma buruk.

Selain itu, ritual ini biasanya juga dilakukan dengan menghanyutkan kotoran alam dengan menggunakan air kehidupan. Upacara Melasti dilakukan di Tirta Amerta atau sumber air seperti, pinggir laut, atau danau.

Ketika upacara ini berlangsung, biasanya masyarakat akan membawa peralatan suci dan sesajen.

Biasanya masyarakat Hindu Bali melaksanakan upacara Melasti pada Panglong 13 bulan Ciatra (Sasih Kesanga) atau tiga hari sebelum Hari raya Nyepi.

Selain itu, upacara Melasti juga dijadikan sebagai bentuk permohonan kepada Sang Hyang Widhi atau Tuhan Yang Maha Esa supaya umat Hindu diberikan kekuatan dalam melaksanakan Hari raya Nyepi.

Baca juga: Mengenal Pawai Ogoh-ogoh Jelang Hari Raya Nyepi: Sejarah, Makna, dan Fungsinya

2. Tradisi Mendhak Tirta di Boyolali

Dilansir dari Pemprov Jawa Tengah, Mendhak Tirta adalah tradisi yang sudah menjadi tuntunan umat Hindu dari Boyolali dan daerah sekitar untuk menyambut Nyepi.

Tradisi ini biasanya disebut Melasti yang juga dilaksanakan di Bali untuk menyambut Hari Raya Nyepi. Ritual Mendhak Tirta merupakan rangkaian pengambilan air suci yang dilakukan sebelum perayaan Nyepi.

Upacara Mendhak Tirta merupakan suatu upacara pengambilan Tirta Amerta atau air kehidupan yang akan digunakan untuk penyucian umat pada saat Nyepi.

Tiba di lokasi pengambilan air suci, umat Hindu melakukan sembahyang terlebih dahulu. Setelah itu, dilanjutkan dengan prosesi pengambilan air suci di umbul setempat menggunakan wadah dari pipa paralon.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com