Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Unggahan Ramuan Daun Jeruk dan Garam Bisa Mengobati Sakit Gigi, Benarkah?

Kompas.com - 18/03/2023, 07:15 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan video yang menyebutkan bahwa ramuan daun jeruk dan garam bisa untuk mengobati sakit gigi, viral di media sosial TikTok setelah diunggah oleh akun @tani_cantik, Rabu (14/3/2023).

"Gempar!!! Seumur hidup Gak Sakit Gigi Lagi. Kenapa baru tau!! Ramuan sakit gigi gratis," kata akun tersebut.

Disebutkan, cara membuat ramuan tersebut dengan meremas-remas daun jeruk, menambahkan garam, kemudian mencampurkannya dengan air hangat.

Selanjutnya ramuan tersebut bisa digunakan untuk berkumur 2 kali sehari.

@tani_cantik Kenapa Baru Tahu Ramuan Sakit Gigi Gratis. #fyp #fyp? #fypage #fyp??viral #viral #viralvideo #viraltiktok #virall #video #videoviral #sehat #sakit #sakithati #sakitgigi #sehatgamahal #sehatselalu #sehatbersamatiktokshop #suami #suamiistri #suamiistribahagia #suamiku #istri #istriidaman #istrisetia #istrisolehah #keluarga #keliargasehatindonesiakuat #keluargabahagia #keluargacemara #mamah #mamahmuda #mamahebat #papah #papahmuda #ayah #ayahku #ayahhebat #ayahibu #bunda #giziseimbang #gizi #nutrisi #nutrisialamikulit #vitamin #vitaminc #diet #dietsehat #glowup #glowing #sembuh #obatherbal #herbal #alami #alam #daun #diet #sehat #kesehatan #tpis #bodydoal #glowup #sehat #obat #ff #lfl????lfllflfllffllflflflflflflflflfllflflflflflflflflflflflflflflflflf #lfl???? #followforfollowback #quotess #quotesstorywa #quotesviral #quotesindonesia #quotesgalau #quotesremaja #quotestags #quotesanakmuda #videostorywa #videoku #videogames #videoedits #editorberproses #video30detik #dj30detik #quotesnasehat #generasibucin #storygalau #akucahkerjo #semangat ? Sholawat Meluluhkan Hati - Yasir

Lantas, benarkah ramuan daun jeruk dicampur garam bisa untuk mengobati sakit gigi?

Penjelasan ahli

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr Inggrid Tania MSI mengatakan, daun jeruk memang memiliki kandungan minyak atsiri yang bersifat mengurangi nyeri.

Namun menurutnya, memakai daun jeruk untuk obat sakit gigi hanya bisa digunakan untuk nyeri yang bersifat ringan, dan tidak untuk sakit gigi yang memang membutuhkan tindakan dokter gigi.

"Daun jeruk memang mengandung minyak atsiri atau esensial yang bersifat anti peradangan atau pereda nyeri. Memang bisa daun jeruk tambah garam (mengurangi sakit gigi)," kata Inggrid dihubungi Kompas.com (17/3/2023).

Garam menurutnya memiliki fungsi sebagai antiseptik, sehingga bisa dicampur dengan daun jeruk untuk dijadikan sebagai obat kumur.

"Namun hanya untuk sakit gigi ringan, bukan yang berat," kata dia.

Dia menekankan, sebaiknya tetap perlu melakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk menghilangkan penyebab yang sebenarnya dari sakit gigi yang dialami.

"Kalau misal (mengurangi nyeri) gigi sensitif atau peradangan ringan ya bisa-bisa saja. Tapi kalau perlu ditambal ya harus ditambal, perlu dicabut ya harus dicabut," kata dia.

Ia menegaskan, prinsip terapi seharusnya adalah menghilangkan keluhan dari akar penyebabnya langsung.

Sehingga, menggunakan ramuan jeruk dan garam untuk obat kumur hanya bisa digunakan untuk pertolongan pertama.

"Tapi kalau 3 hari tak ada perbaikan, berati sakit gigi ada penyebab serius yang memang harus memeriksakan gigi ke dokter gigi untuk penanganan hingga akar penyebabnya," kata dia.

Baca juga: Viral, Video Balon Meletus Usai Diberi Perasan Kulit Jeruk, Bagaimana Bisa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com