Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Gempa M 5,2 yang Guncang Kulon Progo Yogyakarta hingga Jawa Timur

Kompas.com - 17/03/2023, 20:24 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Selatan Jawa, Jumat (17/3/2023) pukul 19.05 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,0.

Episenter gempa terletak pada koordinat 9,02° LS: 109,75° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 141 kilometer arah Barat Daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada kedalaman 43 km.

"Pusat gempa berada di 126 kilometer barat daya Kabupaten Kulon Progo dengan kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (17/3/2023).

BMKG memastikan gempa di Kulon Progo, Yogyakarta tersebut tak berpotensi tsunami.

Baca juga: Analisis Gempa Magnitudo 5,2 di Kulon Progo Yogyakarta


Jenis dan mekanisme gempa bumi

Menurut Daryono, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

"Hingga pukul 19.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock," katanya lagi.

Gempa bumi Selatan Jawa ini imbuhnya, berdampak dan dirasakan di daerah Kulonprogo, Sleman, Bantul, Kota Yogyakarta, Gunungkidul, Kebumen, Trengalek, Pacitan, Magelang dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Sementara itu gempa juga dirasakan di daerah Tulungagung, Ngawi, Magetan dengan skala intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Gempa juga dirasakan di daerah Kediri, Karangkates, Nganjuk, Solo, Klaten, Banjarnegara, Wonogiri, Wonosobo dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

Baca juga: Gempa M 5,2 Guncang Selatan Jawa, Ini Daerah yang Merasakan

Imbauan BMKG

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Masyarakat juga perlu memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Baca juga: Panduan ketika Gempa Melanda Rumah, Gedung, Jalanan, hingga Area Gunung

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Lombok Rawan Gempa, Ini Sebabnya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com