Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Gunung Merapi Siaga, Obyek Wisata Alam di Wilayah Taman Nasional Gunung Merapi Ditutup Sementara

Kompas.com - 12/03/2023, 15:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Balai Taman Nasional Gunung Merapi menutup sementara obyek wisata alam yang berada di wilayah Taman Nasional Gunung Merapi mulai hari ini, Minggu, 12 Maret 2023.

Penutupan ini dilakukan karena adanya peningkatan aktivitas dan erupsi Merapi yang disertai luncuran awan panas pada Sabtu (11/3/2023) dan susulan awan panas yang terjadi hari ini, Minggu (12/3/2023).

Beberapa obyek wisata alam di wilayah Taman Nasional Gunung Merapi yang ditutup per Minggu (12/3/2023) adalah obyek wisata alam Jurang Jero, obyek wisata alam Tlogo Muncar, dan obyek wisata alam Kalikuning-Pluyon.

Saat ini status Gunung Merapi masih berada pada tingkat Siaga (level III) dengan potensi bahaya pada beberapa alur sungai mencapai 5 sampai dengan 7 kilometer.

"Sebagai upaya mitigasi dalam menghadapi ancaman bahaya erupsi Gunung Merapi tersebut, maka aktivitas Objek Wisata Alam Jurang Jero, Objek Wisata Alam Tlogo Muncar dan Objek Wisata Kalikuning-Plunyon di tutup sementara terhitung mulai Minggu (12/3/2023)," kata Muhammad Wahyudi, Kepala Badan Taman Nasional Gunung Merapi dalam rilis yang Kompas.com terima pada Minggu (12/3/2023).

Baca juga: Aktivitas Merapi Meningkat, BPBD DIY Pastikan Belum Ada Rekomendasi untuk Mengungsi


Belum ada informasi kapan akan dibuka kembali

Obyek wisata Jurang Jero yang berada di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ditutup sementara waktu.

Saat dihubungi Kompas.com, Minggu (12/3/2023), salah satu pengelola wisata Jurang Jero di Magelang, Febriyanto mengatakan bahwa obyek wisata tersebut sudah ditutup mulai hari ini, Minggu (12/3/2023), sejak adanya pengumuman penutupan oleh Kepala Badan Taman Nasional Gunung Merapi.

"Kemarin masih dibuka, baru per hari ini wisata Jurang Jero ditutup sementara," ujar Febriyanto.

"Dan dilakukan penjagaan oleh petugas di area Tugu Suharto maupun di gerbang utama, tambahnya.

Lebih jelasnya, ia mengatakan bahwa belum bisa memastikan kapan obyek wisata tersebut akan dibuka kembali.

"Kapan dibukanya kembali masih menunggu pihak kantor Taman Nasional Gunung Merapi maupun dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG)," ungkapnya.

Meskipun begitu, ia mengatakan bahwa kondisi di sana masih aman dikarenakan erupsi Merapinya tidak sebesar kemarin.

Baca juga: Gunung Merapi Kembali Erupsi Pagi Ini, Muntahkan Awan Panas Guguran Sejauh 2.500 Meter ke Arah Kali Bebeng

Aktivitas vulkanik Gunung Merapi pada tingkat Siaga

Diberitakan dalam Kompas.com sebelumnya, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengeluarkan laporan aktivitas Gunung Merapi periode pengamatan 12 Maret 2023, pukul 00.00 WIB-06.00 WIB.

"Teramati awan panas guguran 6 kali dengan jarak luncur maksimum 2.000 meter ke barat daya," tulis Kepala BPPTKG, Agus Budi Santoso dalam laporannya.

Selain itu, dari pukul 00.00 WIB - 06.00 WIB teramati guguran lava pijar sebanyak 7 kali. Jarak luncur lava pijar maksimum 1.700 meter ke barat daya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com