Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Jenis-jenis Kopi yang Populer di Dunia dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Kompas.com - 10/03/2023, 08:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kopi menjadi salah satu minuman yang populer di dunia.

Selain itu, kopi juga memiliki beragam jenis yang mana pada setiap jenis kopi tersebut memiliki masing-masing keunikannya.

Beberapa biji kopi memiliki karakteristik dan cita rasa tersendiri yang menjadi daya tarik, mulai dari kopi yang manis, pahit, hingga kopi yang beraroma.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa jenis kopi yang populer di Indonesia dan di beberapa negara di dunia.

Baca juga: Mengenal Kopi: Sejarah, Jenis, dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Jenis-jenis kopi

Ada bermacam-macam jenis kopi di dunia. Dikutip dari Kompas.com (14/2/2022) ada 4 jenis kopi yang paling populer di dunia, berikut di antaranya:

  1. Arabika
  2. Robusta
  3. Liberika
  4. Ekselsa

Berikut penjelasan untuk masing-masing jenis kopi beserta dengan perbedaannya.

1. Arabika

Kopi arabika saat ini tengah menguasasi hampir 60 persen pasar kopi di dunia. Kopi jenis ini memiliki rasa yang ramah di mulut dibanding dengan kopi robusta.

Kopi arabika memiliki citarasa manis dan asam. Selain itu, kopi ini juga memiliki lapisan rasa yang lebih kompleks dibanding robusta.

Tanaman kopi arabika cocok ditanam di dataran tinggi dengan curah hujan sedang dan dengan intensitas sinar matahari yang cukup.

Dari keempat jenis biji kopi, arabika menjadi jenis kopi yang paling susah untuk dikembangkan. Hal ini dikarenakan arabika tidak mau tumbuh subur jika lingkungan tumbuhnya tidak sesuai.

Selain itu, tanaman kopi arabika juga gampang terserang hama. Itulah sebabnya, jenis kopi ini sebaiknya ditanam secara homogen.

Ketika ditanamn secara heterogen dan hama merebak, hama yang ada bisa dalam sekejap merusak budidaya tanaman yang lain.

2. Robusta

Kopi Robusta Manggarai Timur, Flores, NTT, Kamis, (6/10/2022)KOMPAS.com/MARKUS MAKUR Kopi Robusta Manggarai Timur, Flores, NTT, Kamis, (6/10/2022)
Robusta menjadi salah satu kopi yang populer di dunia, setelah kopi arabika. Nama robusta diambil dari sifat kopi ini yang lebih "robust" atau kokoh. Robusta bisa hidup di lingkungan yang lebih fleksibel dibanding arabika.

Jenis kopi ini lebih mudah untuk ditanam atau dibudidayakan dan lebih kuat terhadap serangan hama. Namun, kepopuleran robusta masih berada di bawah arabika karena kopi jenis ini tidak memiliki variasi rasa dan aroma layaknya arabika.

Kopi robusta lebih hitam dan lebih banyak mengandung kafein.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com