Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Kompas.com - 04/03/2023, 14:30 WIB
Diva Lufiana Putri,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Badan Litbangkes Kemenkes RI tahun 2018 menyebutkan, estimasi jumlah kasus hipertensi di Indonesia sebesar 63.309.620 orang. 

Dari jumlah tersebut, angka kematian di Indonesia akibat hipertensi sebesar 427.218 kematian.

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah darah tinggi atau hipertensi agar tidak berubah menjadi penyakit berbahaya. 

Cara mencegah hipertensi

Dengan menjalani gaya hidup sehat dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat.

Mencegah tekanan darah tinggi, yang juga disebut hipertensi, dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Berikut ini kebiasaan hidup sehat untuk mencegah hipertensi dikutip dari CDC.

1. Konsumsi makanan sehat

Pilih pilihan makanan sehat dapat membantu Anda menghindari tekanan darah tinggi dan komplikasinya. Pastikan untuk makan banyak buah dan sayuran segar.

Bicarakan dengan tim perawatan kesehatan Anda tentang makan berbagai makanan yang kaya kalium, serat, dan protein serta rendah garam (natrium) dan lemak jenuh.

Bagi banyak orang, melakukan perubahan yang sehat ini dapat membantu menjaga tekanan darah tetap rendah dan melindungi dari penyakit jantung dan stroke.

Pola makan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) adalah rencana diet sehat dengan catatan terbukti membantu orang menurunkan tekanan darah. 

2. Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Oleh karena itu penting untuk tetap menjaga berat badan ideal. 

Untuk menentukan apakah berat badan Anda berada dalam kisaran yang sehat, dokter biasanya menghitung indeks massa tubuh (BMI). Dokter terkadang juga menggunakan pengukuran pinggang dan pinggul untuk menilai lemak tubuh.

Menjaga berat badan yang sehat, bisa dilakukan dengan memilih makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com