Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Video Satpol PP Duel dengan Pedagang Kopi Keliling di Bundaran HI, Diawali Aksi Penusukan

Kompas.com - 24/02/2023, 09:36 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Video yang memperlihatkan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta adu fisik dengan pedagang kopi keliling di dekat Bundaran Hotel Indonesia (HI) viral di media sosial, Instagram.

Salah satu akun yang mengunggah peristiwa tersebut adalah akun ini dan sudah ditayangkan sebanyak 5.191 kali dan disukai 255 kali hingga Jumat (24/2/2023).

Dari video yang beredar, dua anggota Satpol PP terlihat melayangkan tendangan dan pukulan ke arah pedagang kopi keliling yang mengenakan kaus dan celana berwarna hitam.

Perkelahian keduanya lalu diredakan oleh dua pengemudi ojek online (ojol) dan seorang petugas keamanan yang kebetulan berada di lokasi.

"TAK TERIMA DIINGATKAN AGAR TAK LAWAN ARAH, PEDAGANG KOPI STARLING TUSUK ANGGOTA SATPOL PP DI DEKAT BUNDARAN HI," tulis akun tersebut.

Baca juga: Ramai soal Satpol PP, Apa Tugas dan Fungsinya?

Lantas, bagaimana kronologi perkelahian antara Satpol PP dengan pedagang kopi keliling di dekat Bundaran HI tersebut?

Berawal dari teguran Satpol PP

Saat dikonfirmasi, Kepala Seksi Komunikasi dan Informasi Publik Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Jakarta Utara Koharudin menyampaikan, Satpol PP DKI Jakarta telah menyampaikan klarifikasi melalui akun Instagram resminya.

"Sudah ada klarifikasinya," ujar Koharudin ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (24/2/2023).

Sementara itu, dikutip dari akun Instagram @satpolpp.dki, perkelahian antara anggota Satpol PP dengan pedagang kopi keliling tersebut terjadi di sekitar Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat.

Baca juga: Ini Alasan Satpol PP DIY Beli Kawasaki Ninja ZX-25R

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin menyampaikan bahwa peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB.

Pada awalnya, anggota Satpol PP menegur pegagang kopi keliling yang melawan arah ketika melintas dari arah Patung Kuda Monas menuju Bundaran HI.

Sayangnya, teguran tersebut tidak dipatuhi oleh pedagang kopi keliling dan ia berusaha melawan anggota Satpol PP yang bertugas.

Arifin mengatakan, pedagang kopi keliling sempat mengambil alat penusuk es untuk melukai anggotanya dan aksi ini dapat digagalkan.

Baca juga: Viral, Video Pengamen Kostum RoboCop Ditangkap Satpol PP Kota Depok

Salah satu anggota terluka

Pedagang kopi keliling lantas melayangkan aksi balasan dengan mengambil gunting yang biasa digunakan memotong bungkus kopi kemasan.

Benda tajam tersebut digunakan untuk melakukan penyerangan yang menyebabkan salah satu anggota Satpol PP terluka di tangan kirinya.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com