Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Tips agar Narasumber Nyaman Saat Wawancara Podcast

Kompas.com - 26/01/2023, 11:48 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Podcast merupakan salah satu media yang sedang populer saat ini. Di dalamnya, ada beragam genre dan format yang bisa didengarkan, salah satunya adalah podcast wawancara.

Format ini membutuhkan narasumber yang akan diajak bicara untuk berbagi pengalaman serta pengetahuan.

Namun, mencari narasumber yang tepat bukanlah hal yang mudah. Setiap narasumber memiliki latar belakang yang berbeda sehingga membutuhkan strategi dan keterampilan khusus untuk menghadapi mereka.

Kehadiran narasumber juga dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para pembuat podcast wawancara.

Jika kamu tertarik membuat podcast wawancara, membuat narasumber nyaman saat wawancara merupakan salah satu kunci kesuksesan. Saat narasumber nyaman, kamu bisa menggali informasi jauh lebih leluasa sehingga podcast lebih menarik dan berkualitas.

Misalnya dalam siniar Beginu episode “Azka Alfi, Desa Seribu Harapan” dengan tautan akses dik.si/BeginuAzkaP2. Di sana, Wisnu Nugroho, Pemimpin Redaksi Kompas.com, berbincang dengan Azka, seorang Ilustrator Klub Sepak Bola yang sudah mendunia.


Podcast yang dibawakan oleh Wisnu dengan narasumber Azka pun berjalan natural. Agar hasilnya baik, ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuat narasumber nyaman saat wawancara.

1. Persiapkan pertanyaan yang hendak diajukan

Pastikan pertanyaan yang akan kamu ajukan tidak terlalu personal atau menyinggung. Pertanyaan-pertanyaan sensitif yang menjurus ke perkara pribadi seperti keluarga, agama, dan lain-lain sebaiknya patut dihindari.

Baca juga: Cara Mengatur Emosi agar Tidak Meledak Berlebihan

Selain itu, pastikan pertanyaan yang akan kamu ajukan sesuai dengan topik yang akan dibahas.

2. Sediakan suasana yang nyaman

Kamu harus bisa memilih tempat wawancara yang memiliki suasana yang nyaman dan tenang. Hindari tempat yang terlalu ramai atau bising karena ini dapat mengganggu kualitas suara dan konsentrasi narasumber.

Banyak sekali opsi tempat yang bisa kamu coba sebelum hari-H wawancara, tetapi pilihan yang paling aman adalah studio podcast. Ini akan membantu narasumber untuk bisa bersikap lebih santai dan luwes sehingga mampu memberikan jawaban yang lebih baik.

3. Jadilah pendengar yang baik

Ini poin yang wajib diingat. Buat narasumber merasa dihargai dengan memberikan perhatian yang penuh saat ia berbicara. Jangan terlalu banyak melakukan interupsi atau memberikan jawaban untuk narasumber.

Andai kata saat wawancara kamu menyadari bahwa narasumber punya pandangan yang jauh berbeda denganmu, kamu tetap harus mendengarkan dan menghargai pendapatnya.

4. Jangan memaksakan narasumber

Kamu tidak boleh memaksa narasumber untuk menjawab pertanyaan yang membuatnya tidak nyaman karena ini merupakan tindakan yang tidak etis dan tidak menghargai privasi narasumber.

Narasumber memiliki hak untuk menolak menjawab pertanyaan yang tidak nyaman atau tidak relevan dengan topik yang sedang dibahas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com