Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal "Mata Sahara", Misteri Geologi di Tengah Gurun Sahara

Kompas.com - 23/01/2023, 11:30 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lingkaran besar berbentuk mata di tengah Gurun Sahara, Mauritania menjadi daya tarik para ilmuwan sejak puluhan tahun yang lalu.

Karena bentuknya yang menyerupai mata, formasi geologi itu diberi nama The Eye of Sahara atau "Mata Sahara" dan memiliki diameter 40 kilometer.

Dikutip dari IFL Science, "Mata Sahara" pertama kali difoto oleh astronot Gemini pada 1960 sebagai landmark.

Apa itu Mata Sahara?

Para ahli geologi awalnya percaya bahwa "Mata Sahara" atau disebut dengan Struktur Richat ini sebagai kawah tubrukan yang sangat besar.

Namun, studi lebih lanjut ke dalam batuan sedimen yang membentuk kubah pusat telah menentukan tanggal formasi kembali ke Proterozoikum akhir, antara 1 miliar hingga 542 juta tahun yang lalu.

Kendati demikian, beberapa orang masih percaya bahwa struktur tersebut sebenarnya adalah sisa-sisa kota Atlantis yang hilang.

Baca juga: 6 Fakta Menarik tentang Gurun Sahara

Sebab, bentuknya yang melingkar disebut menyerupai tanah yang dijelaskan oleh Plato.

Karena ukurannya yang luas, Mata Sahara paling baik dilihat dari luar angkasa.

"Mata Sahara" memuat berbagai batuan beku intrusif dan ekstrusif. Mereka termasuk batuan vulkani rhyolitic, gabros, carbonatites dan kimberlites.

Penampakan fenomena Mata Sahara (Eye of The Sahara) dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Fenomena pusara, Struktur Richat di barat laut Afrika.NASA Johnson Space Center via WIKIMEDIA COMMONS Penampakan fenomena Mata Sahara (Eye of The Sahara) dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Fenomena pusara, Struktur Richat di barat laut Afrika.

Pembentukan

Dikutip dari Geology Science, aktivitas vulkanik jauh di bawah permukaan bumi mengangkat seluruh lanskap di sekitar "Mata Sahara" jutaan tahun yang lalu.

Sebelumnya diyakini wilayah ini bukanlah gurun pasir, seperti sekarang ini. Sebaliknya, mereka mungkin jauh lebih beriklim sedang, dengan air yang mengalir deras.

Proses terbentuknya diduga berasal dari batuan pasir berlapis diendapkan oleh tiupan angin di dasar danau dan sungai selama musim dingin. Aliran vulkanik bawah permukaan akhirnya mendorong lapisan batu pasir dan batuan lain di atasnya.

Setelah vulkanisme mereda, erosi angin dan air mulai menggerogoti lapisan batuan berkubah.

Baca juga: Ahli Temukan Dinosaurus Berwajah Bulldog di Gurun Sahara

Wilayah itu mulai menetap dan runtuh dengan sendirinya, menciptakan fitur "mata" yang melingkar secara kasar.

Bebatuan kuno di dalam "Mata Sahara" telah memberi para peneliti informasi tentang asal-usulnya. Pembentukan paling awal dimulai ketika superbenua Pangaea mulai terpisah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com