Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fakta Kasus Pembunuhan Berantai Wowon dkk di Bekasi

Kompas.com - 21/01/2023, 06:07 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Pembunuhan berantai di Bekasi berhasil terungkap setelah satu keluarga ditemukan terkapar di rumah kontrakan daerah Ciketing Udik, Bantargebang, Kota Bekasi.

Polisi telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka, yakni Wowon Erawan alias Aki, M Dede Solehudin (adik Aki), dan Solihin alias Duloh.

Berikut sejumlah fakta di balik kasus pembunuhan berantai di Bekasi yang dilakukan oleh Wowon dkk.

Baca juga: 5 Kasus Pembunuhan Berantai di Indonesia, dari Ryan Jombang hingga Dukun Asep

1. Jasad korban dikubur dan dicor

Seorang warga memerlihatkan lobang di pekarangan rumah tersangka pembunuhan berantai Wowon yang dijadikan tempat mengubur korban.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Seorang warga memerlihatkan lobang di pekarangan rumah tersangka pembunuhan berantai Wowon yang dijadikan tempat mengubur korban.

Diberitakan Kompas.com (20/1/2023), Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan bahwa korban pembunuhan berantai di Cianjur dikubur setelah dibunuh.

Setelah pihak kepolisian menangkap dan menggali keterangan dari Wowon dkk, diketahui para korban dikubur di sebuah bangunan bersamaan dengan barang-barangnya.

"Korban disuruh datang ke rumah tersangka. Korban dicekik menggunakan kain,” kata Hengki di Mapolda Metro Jaya, Kamis (19/1/2023) lalu.

Semua barang pribadi masuk (dikubur), setelah itu dicor, baru ditutup tegel (keramik) dan semen," lanjutnya.

Adapun temuan tubuh korban itu berhasil diketahui polisi setelah rumah salah satu tersangka dibongkar.

Baca juga: Update Satu Keluarga Keracunan di Bekasi, Terindikasi Pidana dan 3 Orang Ditangkap

2. Beberapa korban masih merupakan keluarga pelaku

Polda Metro Jaya menyebutkan sebagian besar korban pembunuhan berantai di Bekasi, Cianjur, dan Garut masih memiliki hubungan keluarga dengan para pelaku.

Kombes Hengki Haryadi menjelaskan bahwa sementara ini sudah ada sembilan korban pelaku pembunuhan berantai. Enam di antaranya adalah mertua, istri, dan anak-anak dari pelaku Wowon Erawan alias Aki.

"Korban sebagian besar berasal dari family tree para tersangka. Istrinya, mertuanya, anaknya," ujar Hengki, dikutip dari Kompas.com, Jumat (20/1/2023).

Baca juga: 5 Kasus Pembunuhan Berantai Paling Populer Sepanjang Sejarah, Apa Saja?

3. Membunuh untuk menutupi pembunuhan lain

Sejumlah polisi membawa jenazah terduga korban pembunuhan berantai yang ditemukan terkubur di sebuah pekarangan rumah di Cianjur, Jawa Barat, Kamis (19/1/2023).Istimewa untuk Kompas.com Sejumlah polisi membawa jenazah terduga korban pembunuhan berantai yang ditemukan terkubur di sebuah pekarangan rumah di Cianjur, Jawa Barat, Kamis (19/1/2023).

Ketiga pelaku pembunuhan berantai di Bekasi nekat meracuni para korban karena disebut mengetahui tindak pembunuhan dan penipuan yang dilakukan para pelaku.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com