Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Terima Kasih, Ibu Ira

Kompas.com - 19/01/2023, 05:18 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Innalillahi wa innaillaihi roji'un, Iravati Mangoenkoesoemo Sudiarso telah meninggalkan dunia fana ini pada Rabu, 18 Januari 2023 pukul 15.00 WIB, dalam usia 85 tahun.

Tokoh maha pianis serta maha pendidik musik ini telah mempersembahkan maha karsa dan maha karya seni dan pendidikan musik bagi bangsa Indonesia dengan mendirikan Yayasan Pendidikan Musik sebagai Kawah Candradimuka yang menggembleng para maha pemusik Indonesia seperti Aisha Pletcher-Sudiarso, Levi Gunardi, Johannes Nugroho, Kuei Pien Yeo, Yap Tji Kien, Inge Karyadi, Halida Hatta, Ananda Sukarlan Ivana Tjandra, Muhammad iqbal, dan lain-lain sehingga menjadi para maha pemusik kelas dunia.

Atas jasa-jasa Iravati Sudiarso dalam bidang seni musik dan pendidikan musik, antara lain Museum Rekor Dunia Indonesia telah menganugerahkan gelar Empu Pianis Indonesia.

Pada 27 Januari 2022, di Gedung Kesenian Jakarta, Jaya Suprana School of Performing Arts mempersembahkan piagam penghargaan Mahakarya Kebudayaan sebagai Maha Guru Para Pianis Indonesia yang diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamaman, Prof Dr Mahfud MD.

Secara pribadi, saya berhutang budi kepada ibu Ira yang tanpa henti senantiasa menyemangati saya agar lanjut berkarya di bidang seni dan pendidikan musik.

Ibu Ira juga yang menyemangati saya untuk menyelenggarakan Festival Pianis Remaja Indonesia pertama di Indonesia pada 1981 di Semarang.

Ibu Ira pula yang berkenan menjadi ketua umum Dewan Juri Indonesia Pusaka International Piano Competition 2011 dengan Gala Konser para jawara dari mancanegara di Istana Bogor disaksikan langsung oleh Presiden ketika itu, Susilo Bambang Yudoyono dan Ibu Negara.

Karya Tembang Alit, saya dedikasikan kepada Iravati Sudiarso sebagai kenangan kekal abadi sepanjang masa terhadap jasa-jasa adiluhung beliau kepada negara, bangsa dan masyarakat pencinta musik Indonesia.

Pada 27 Januari 2020, di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, secara indah mengharukan Ibu Ira mempergelar Tembang Alit.

Terima kasih, ibu Ira.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+