Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Sambut Hari Dongeng, Medio Hadirkan Dongeng Kolaborasi

Kompas.com - 28/11/2022, 14:53 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Pada zaman dulu, dongeng digunakan sebagai sarana untuk mengedukasi anak dengan metode yang menarik. Namun, seiring berkembangnya teknologi, dongeng hampir terlupakan bahkan tersingkirkan karena anak-anak telah terpapar ponsel pintar.

Padahal, dongeng merupakan kegiatan yang memiliki segudang manfaat.

Kolaborasi Dongeng Medio dengan Kak Awam

Manfaatkan teknologi sebaik mungkin, salah satu kanal siniar milik Medio Podcast Network persembahan KG Media, Dongeng Pilihan Orangtua yang dapat diakses melalui dik.si/dopingpodcast menghadirkan kembali cerita-cerita dongeng dalam balutan audio.

Upaya ini dilakukan sebagai alternatif medium belajar yang seru dan menarik, serta hiburan yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun.

Untuk memperingati Hari Dongeng Nasional yang jatuh pada 28 November, siniar Dongeng Pilihan Orangtua menghadirkan tiga cerita dongeng orisinal yang berkolaborasi dengan Awam Prakoso.

Kak Awam adalah seorang pendongeng dan pemerhati anak yang juga merupakan pendiri Kampung Dongeng. Selain itu, Kak Awam juga menerima penghargaan sebagai Tokoh Muda Pemerhati Anak-Anak dari Kak Seto Mulyadi.

Baca juga: 5 Manfaat Mendongeng bagi Anak dan Orangtua

Nantinya, tiga cerita dongeng itu memiliki tema berbeda yang sangat spesial, yaitu Hari Guru Nasional yang diunggah pada 28 November, Hari Disabilitas Nasional yang diunggah pada 9 Desember, dan Hari Ibu Nasional pada 23 Desember.

Tak hanya itu, tema yang didasarkan pada tiga hari besar nasional ini sangat dekat dengan kehidupan anak-anak.

Segudang Manfaat Dongeng Bagi Anak

Di Indonesia, dongeng merupakan salah satu jenis cerita peninggalan nenek moyang kita yang berharga. Pasalnya, sebelum mengenal tulisan, masyarakat Indonesia menggunakan cerita sebagai sarana edukasi dan hiburan.

Kegiatan mendongeng juga dipercaya memiliki pengaruh positif bagi perkembangan anak dan keharmonisan keluarga. Melalui dongeng, anak bisa belajar tanpa merasa digurui. Hal ini disebabkan adanya interaksi berupa diskusi bersama orangtua.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+