Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Pengaruh Fandom K-Pop terhadap Popularitas Brand

Kompas.com - 22/11/2022, 15:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Siapa tak kenal dengan BTS, NCT, Blackpink, dan TWICE? Besarnya penggemar (fandom) ketiga grup musik tersebut merupakan representasi dari demam Korea atau Korean Wave yang kian menjalar ke berbagai belahan dunia.

Mengutip Kompascom, Indonesia merupakan rumah bagi jutaan K-Popers dari berbagai penggemar loyal. Pada 2019, Twitter mengumumkan Indonesia berada di peringkat ketiga setelah Thailand dan Korea Selatan sebagai negara paling banyak mengunggah twit seputar artis K-Pop.

Besarnya minat masyarakat Indonesia terhadap para idolanya membuat banyak brand kini menggaet artis Korea untuk berkolaborasi sebagai brand ambassador-nya. Sebut saja Lemonilo dan NCT Dream, BTS dan Tokopedia, serta Scarlett Whitening dan TWICE.

Melihat fenomena ini, Tomoka Takada, Direktur Perencanaan Strategis Hakuhodo Inc., dalam siniar Obsesif bertajuk “The Influence of K-Pop Fandom on Brand Marketing” yang dapat diakses melalui dik.si/ObsesifTomoka, mengungkapkan kalau fandom K-Pop dapat memberi pengaruh signifikan dalam perkembangan suatu brand.

Awal Mula Meluasnya K-Pop

Dilansir The Influence Agency, budaya K-Pop mulai dikenal luas sejak 1992 ketika Seo Taiji & Boys, grup K-Pop generasi pertama, pertama kali memasukkan lirik bahasa Inggris, tarian, dan elemen hip hop ke dalam repertoar mereka.

Baca juga: Transformasi Dunia Digital dalam Media Konvensional

Setelah beberapa tahun kemudian, agensi pun terus memproduksi grup-grup baru disertai genre musik yang disesuaikan dengan citra grupnya. Tak hanya itu, para anggota dari grup idola K-Pop pun juga dituntut memiliki pesona, mulai dari bakat hingga visualnya.

Pada tahun 2010, demam K-Pop pun mulai mendunia karena teknologi, seperti ponsel pintar, internet, dan platform media sosial, semakin berkembang. Bahkan, saat itu, musik asal Korea Selatan tumbuh hingga 168 persen karena didengarkan oleh penggemar global.

Memasuki generasi ketiga, jalan K-Pop untuk dikenal dunia pun semakin terbuka. Grup pertama yang mendapat pengakuan internasional besar-besaran adalah BTS yang mulai melejit pada 2015 ketika mereka memulai tur stadion internasional pertama mereka.

Dari situ, penggemar loyal mereka pun semakin bertambah hingga berhasil memecahkan rekor di iTunes dan YouTube. Bahkan, kini BTS pun kembali masuk ke dalam nominasi GRAMMY Awards 2023.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+