Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Melihat Kembali Kehidupan dengan Sastra

Kompas.com - 19/11/2022, 22:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Zen Wisa Sartre dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Sastra menawarkan suasana baru dalam menyelami hidup manusia. Kita tidak perlu membicarakan kebenaran atau faktanya bagaimana dalam karya sastra. Karena sastra memiliki logikanya sendiri.

Karya sastra juga bukanlah wahyu Tuhan, meskipun tidak jarang kita memerlukan pisau bedah logika untuk memahami sastra. Bisa dibilang juga sastra kerap memberikan petunjuk dan menuntun kita kepada suatu maksud.

Sebagai seorang penulis dan jurnalis, Leila S. Chudori membagikan kisah dan kedekatannya kepada sastra dalam siniar Beginu bertajuk “Buka Buku Kisah Leila S. Chudori” yang dapat diakses melalui tautan https://dik.si/BeginuLeilaP1.

Setiap kata yang dibaca akan secara alamiah menuntun kita pada proses pengenalan tanda yang menjelma menjadi konvensi kehidupan imajinatif. Akan tetapi, bukan berarti sastra bersifat “halu” atau mengada-ngada.

Pasalnya, ada hubungan erat antara sastra dan logika, bahkan dalam cerita-cerita yang dianggap tak masuk “akal” sekalipun, seperti dongeng ibu peri dalam Cinderella dan sihir pada Harry Potter.

Dunia Sastra

Plato pernah mengungkapkan bahwa ada tiga dunia yang saling berhubungan, yaitu dunia ide, manusia, dan sastra, yang kemudian dikenal dengan teori mimesis. Dunia sastra mencerminkan dunia manusia, begitu juga dengan manusia yang berusaha mewujudkan segala ide-ide yang sifatnya imajinatif.

Baca juga: Kisah Korupsi dalam Secangkir Kopi Multatuli

Sastra memang kerap merepresentasikan fenomena-fenomena yang absurd, ajaib, dan irasional. Akan tetapi, fenomena itu tetap memiliki logikanya tersendiri, seperti Icarus yang ribuan tahun lalu mengungkapkan adanya gagasan atas manusia terbang.

Kemudian, ada tokoh Harry Potter yang dapat mengendarai sapu terbang dan menjadi tak terlihat dalam jubahnya.

Mengapa Icarus dan Harry Potter dapat diterima? Karena dalam dunia mereka ada logika tersendiri. Pendek kata, baik dunia Icarus maupun Harry Potter memiliki hukumnya sendiri yang khas.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+