Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Rudal Rusia Hantam Polandia, 2 Orang Dilaporkan Tewas

Kompas.com - 16/11/2022, 12:29 WIB
Alinda Hardiantoro,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rudal Rusia dilaporkan menghantam Polandia pada Selasa (15/11/2022). Peristiwa itu diungkapkan oleh seorang pejabat senior intelijen AS kepada Kantor Berita Associated Press (AP).

Dilansir dari Reuters, pihak Kementerian Luar Negeri Polandia mengatakan bahwa rudal itu jatuh di Przewodow, sebuah desa di bagian timur Polandia atau sekitar 6 kilometer dari perbatasan Ukraina pada pukul 15.40 waktu setempat.

Akibat serangan tersebut, dua orang dilaporkan tewas.

Baca juga: 5 Dampak Perang Rusia-Ukraina bagi Indonesia, Apa Saja?

Menurut keterangan saksi yang tidak mau disebutkan namanya, kedua korban adalah laki-laki yang saat kejadian berada di dekat lokasi kejadian.

Serangan tersebut terungkap ketika Rusia menggempur fasilitas energi di Ukraina dengan rentetan rudal terbesarnya yang mengakibatkan pemadaman listrik.

Serangan rudal itu juga terjadi di negara tetangga, Moldova, yang ikut melaporkan pemdaman listrik besar-besaran setelah serangan terjadi.

Baca juga: Sederet Dampak Perang Rusia Ukraina bagi Ekonomi Indonesia

Menurut APN News, Rusia menembakkan setidaknya 85 rudal yang sebagian besar ditujukan ke fasilitas listrik Ukraina.

Sementara itu, Amerika Serikat dan sekutu Barat mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki insiden tersebut.

Mereka tidak dapat mengonfirmasi apakah rudal yang mendarat di desa di Polandia itu adalah milik Rusia.

Sementara itu, Presiden Andrzej Duda secara hati-hati mengatakan bahwa itu rudal itu kemungkinan besar merupakan buatan Rusia. Namun, asal-usulnya masih diverifikasi.

Baca juga: Soal Peluang Negosiasi Damai Rusia-Ukraina di G20, Mungkinkah Terjadi?

Pertemuan darurat G7

Presiden Amerika Serikat Joe Biden di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022)BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN/LAILY RACHEV Presiden Amerika Serikat Joe Biden di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022)

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden yang tengah berada di Indonesia menghadiri KTT G20 segera mengadalan pertemuan darurat dengan para pemimpin G7 dan Sekutu.

Keputusan Biden untuk mengadakan pertemuan darurat para pemimpin G-7 dan NATO mengubah jadwal hari terakhirnya di G-20 Indonesia.

Tidak segera jelas apakah Biden menyatakan bahwa rudal itu sama sekali tidak ditembakkan oleh Rusia. Namun, melalui Twitternya, Biden menjanjikan dukungan untuk penyelidikan Polandia.

"I’m discussing a meeting with world leaders on the loss of life in Eastern Poland and the United States’ commitment to support Poland’s investigation (Saya sedang mendiskusikan pertemuan dengan para pemimpin dunia tentang insiden di Polandia Timur dan komitmen Amerika Serikat untuk mendukung penyelidikan Polandia)," tulis Joe Biden.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com