Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Rebusan Daun yang Berkhasiat Menurunkan Kadar Gula Darah, Apa Saja?

Kompas.com - 12/11/2022, 19:04 WIB
Alinda Hardiantoro,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cara menurunkan kadar gula darah dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti diet, berolahraga, hingga mengonsumsi ramuan dari tanaman herbal.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tanaman yang berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Bagian tanaman yang biasanya diambil untuk menurunkan kadar gula darah adalah daunnya. Daun itu kemudian direbus dengan air sebelum akhirnya dikonsumsi.

Akan tetapi, konsumsi air rebusan daun yang berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah ini perlu didampingi dengan pengobatan lainnya.

Baca juga: 8 Macam Buah yang Bisa Menurunkan Lemak Perut, Apa Saja?

Lantas, air rebusan daun apa saja yang bisa membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh?

Air rebusan daun untuk turunkan gula darah

Menurut Medical News Today, tanaman herbal hingga suplemen tidak dapat menyembuhkan diabetes dan tidak bisa dijadikan satu-satunya obat diabetes.

Namun, di beberapa kasus, mengonsumsi tanaman herbal, seperti air rebusan daun, bisa meredakan gejala diabetes dan mengurangi risiko komplikasi.

Berikut sederet air rebusan daun yang bisa menurunkan gula darah dalam tubuh:

1. Air rebusan daun mangga

Salah satu daun yang bisa mengontrol dan menurunkan kadar gula darah adalah daun mangga.

Dilansir dari Kontan, konsultan endokrinologi Rumahsakit Aster CMI, India Dr Mahesh mengatakan bahwa kandungan daun mangga dapat mengurangi metabolisme karbohidrat dan membantu menurunkan gula darah.

"Ekstrak daun mangga (mangiferin) memiliki kemampuan untuk menghambat enzim alfa glukosidase, yang membantu mengurangi metabolisme karbohidrat di usus, dan karenanya menurunkan kadar glukosa darah," kata dia.

Selain itu, daun mangga juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi insulin dan distribusi glukosa. Bahkan, daun ini sarat dengan pektin, vitamin C, dan serat.

Anda bisa merebus daun mangga selama 15 menit, kemudian menyaringnya sebelum dikonsumsi.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Kumis Kucing, Atasi Masalah Ginjal hingga Gula Darah


2. Air rebusan daun kersen

Dikutip dari KompasTV, minum air rebusan daun kersen juga bermanfaat bagi penderita diabetes, terutama untuk mencegah kenaikan gula darah dalam tubuh.

Daun satu ini mengandung nutrisi yang berguna bagi tubuh, seperti air, karbohidrat, lemak, protein, serat, zat besi, karoten, niacin, hingga fosfor.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com