Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kepanjangan Wi-Fi?

Kompas.com - 25/10/2022, 12:30 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Istilah Wi-Fi akrab di telinga masyarakat Indonesia. Masyarakat mengerti apa itu Wi-Fi, tapi apa kepanjangannya?

Menurut Ensiklopedia Britannica, Wi-Fi adalah teknologi jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk memungkinkan transfer data berkecepatan tinggi melalui jarak pendek.

Biasanya Wi-Fi digunakan untuk menyediakan akses Internet broadband nirkabel untuk berbagai perangkat.

Baca juga: Apakah WiFi Bisa Menembus Dinding?

Istilah Wi-Fi

Istilah Wi-Fi dibuat oleh Wireless Ethernet Compatibility Alliance (WECA), sebuah organisasi nirlaba global yang dibuat untuk mempromosikan standar nirkabel baru.

Wi-Fi diusulkan oleh perusahaan pemasaran sebagian karena resonansi istilah dengan Hi-Fi. Namun, Wi-Fi bukanlah singkatan dari Wireless Fidelity.

Dilansir Kompas.com, 24 Juni 2018, WiFi pertama kali diperkenalkan oleh WECA pada 1999 di Atlanta.

WiFi pada awalnya diperkenalkan sebagai merek konsumen untuk produk "Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11".

Akan tetapi nama produk "Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11" terlalu panjang dan sulit diingat.

Setelah menggandeng sebuah firma konsultasi merek, WECA akhirnya memilih nama Wi-Fi yang menurut mereka lebih ramah di telinga.

Wi-Fi awalnya dibuat sebagai plesetan dari Hi-Fi (High Fedelity). Slogan iklan (tagline) yang dibuat menggunakan kata Wireless Fidelity, yakni "The Standar for Wireless Fidelity".

Slogan asal-asalan itu membuat masyarakat salah paham. Orang-orang mengira Wireless Fidelity adalah kepanjangan Wi-Fi. Padahal faktanya Wi-Fi tidak memiliki arti apa pun.

"Wi-Fi tidak berarti apa pun. Itu bukan akronim. Tidak ada artinya," jelas pimpinan WECA, Phil Belander.

Tidak lama setelah itu, pada akhir tahun 2000 slogan tersebut dicopot dan Belander mengatakan istilah wireless fidelity harus dilenyapkan.

Baca juga: Profil Penemu Wifi: Hedy Lamarr

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com