3 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menekan Fatalitas Tabrak Belakang Truk

Kompas.com - 07/10/2022, 17:06 WIB

KOMPAS.com - Kecelakaan maut yang melibatkan truk Fuso dan Elf terjadi di Jalur B kilometer 438.500 Tol Bawen-Ungaran, Jawa Tengah pada Sabtu (24/9/2022).

Akibatnya, sebanyak 12 orang menjadi korban, lima di ataranya meninggal dunia.

Disebutkan bahwa kecelakaan itu bermula saat pengemudi Elf mengantuk dan menabrak bagian belakang truk Fuso. Elf yang terus menempel di belakang truk terseret hingga sejauh 2 kilometer.

Bukan kali ini saja, kendaraan menabrak bagian belakang truk juga kerap mewarnai kecelakaan di jalan tol.

Baca juga: Video Detik-detik Kecelakaan Maut di Bekasi, Ini Kronologinya!

Pengamat transportasi Universitas Katolik Soegijapranata Djoko Setijowarno mengatakan, truk merupakan kendaraan yang berisiko besar ditabrak dari belakang.

Akan tetapi, tingkat fatalitas bisa turun drastis jika truk dilengkapi dengan perisai atau Rear Underrun Protection (RUP).

"Jika pemilik atau pengusaha truk memahami risiko ini, maka sebaiknya semua truk besar dipasangi perisai atau RUP, sesuai dengan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 74 Tahun 2021 tentang Perlengkapan Keselamatan Kendaraan Bermotor," kata Djoko kepada Kompas.com, baru-baru ini.

"PM tersebut dibuat bertujuan untuk menurunkan tingkat fatalitas korban yang menabrak," sambungnya.

Baca juga: Sederet Fakta Kecelakaan Maut Bekasi


Untuk itu, ia menyarankan sejumlah cara untuk meminimalisir tingkat fatalitas akibat kendaraan menabrak bagian belakang truk.

1. Perisai kolong belakang

Ia menjelaskan, perisai kolong belakang harus dipasang pada kendaraan bermotor jenis mobil barang dengan JBB mulai 5.000 kilogram, kereta gandengan, atau kereta tempelan.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.