Jokowi Telepon Presiden FIFA soal Tragedi Kanjuruhan, Ini Isinya

Kompas.com - 05/10/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah menghubungi Presiden Federasi Sepak bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino terkait Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 suporter Arema FC. 

Menurut Jokowi, komunikasi dengan Gianni via telepon tersebut dilakukan pada Senin (3/10/2022). Kepada Gianni, ia mengaku telah membicarakan soal penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 2023.

Kendati demikian, Jokowi menyebut keputusan terkait sanksi berada di tangan FIFA.

"Keputusan apa pun adalah kewenangan dari FIFA," kata Jokowi, dikutip dari pemberitaan Kompas.com.

Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 disebut dapat mengancam posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Diketahui dalam insiden tersebut aparat keamanan menggunakan gas air mata untuk menangani suporter. Sementara aturan FIFA jelas melarang penggunaan gas air mata dalam pertandingan sepak bola.

Baca juga: Jokowi Sudah Telepon Presiden FIFA Bahas Tragedi Kanjuruhan

Jumlah korban jiwa Tragedi Kanjuruhan

Berdasarkan data resmi yang dirilis Dinas Kesehatan Kabupaten Malang hingga Rabu (5/10/2022) jumlah korban meninggal dunia sebanyak 131 jiwa.

Rinciannya, terdapat 90 laki-laki dan 41 perempuan. Mayoritas korban adalah remaja dan anak muda berusia 12-24 tahun. Sementara satu korban lainnya masih balita berusia 4 tahun.

Pemerintah juga telah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang diketuai langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

"Insya Allah tiga minggu tim ini sudah dapat menyampaikan hasil kerjanya kepada Presiden, dan mudah-mudahan bisa lebih cepat dari itu," ujar Mahfud, dikutip dari pemberitaan Kompas.com.

Menurutnya, TGIPF akan bekerja selama 24 jam untuk mengungkap beragam temuan terkait tragedi yang menewaskan ratusan orang itu.

Tidak hanya temuan, TGIPF yang beranggotakan 13 orang dari beragam latar itu juga akan membentuk rekomendasi sinkronisasi regulasi penyelenggaraan sepak bola di Indonesia.

(Sumber: Kompas.com/Singgih Wiryono, Ardito Ramadhan | Editor: Bagus Santosa, Novianti Setuningsih)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.