Bu Sartini, Pemilik Warung Rica ISI Solo Meninggal Dunia

Kompas.com - 05/10/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Kabar duka menyelimuti penikmat rica ayam bikinan Bu Sartini yang berlokasi di dekat Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta di Solo, Jawa Tengah.

Pemilik Warung sekaligus juru masak rica ayam legendaris ini, Sartini, meninggal dunia pada Senin (3/10/2022) pukul 09.30 WIB. Informasi tersebut disampaikan oleh akun Instagram @KangenJajanSolo dari pihak keluarga Bu Sartini.

"Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Kami segenap tim Kangen Jajan Solo turut berduka cita atas meninggalnya Ibu Sartini (pemilik Rica ISI).

Semoga almarhumah mendapat tempat yang terbaik di sisiNya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," tulis Insyirah Anwari selaku admin akun Twitter @KangenJajanSolo.

Insyirah menyampaikan, Sartini meninggal karena jatuh dari kamar mandi. Sebelumnya, Sartini sempat mengidap kanker payudara dan menjalani pengobatan kemoterapi.

"Mendadak meninggalnya. Kemarin setelah ngedrop udah pulang ke rumah. Sudah biasa aja. Karena jatuh (di kamar mandi) ada penyumbatan," ujar Insyirah saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Rica ayam jadi menu andalan

Dikutip dari Kompas.com, (3/5/2022), warung makan rica Bu Sartini terkenal di kalangan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) dan ISI Surakarta. Menu andalan warung ini adalah sajian rica-rica ayam pedas.

Pembeli dapat memilih rica-rica ayam dengan potongan daging yang besar atau kecil. Harganya sama, satu porsi Rp 11.000.

Sebelum pandemi melanda, Sartini bisa mengolah 70 kilogram daging ayam. Namun, saat pandemi Covid-19 melanda, ia hanya mampu mengolah separuhnya saja.

Jumlah cabai yang ia gunakan untuk mengolah rica-rica biasanya lebih dari lima kilogram per hari.

Selain lauk rica-rica, pengunjung juga dapat memilih sayuran pendamping. Sartini setiap harinya memasak tujuh jenis sayur. Ketujuh sayur itu yakni sayur pepaya, oseng buncis tempe, bayam, dan lain-lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.