Di Balik Deklarasi Anies Baswedan sebagai Capres Nasdem...

Kompas.com - 04/10/2022, 13:59 WIB

KOMPAS.com - Partai Nasdem resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Pilihan capres Nasdem adalah yang terbaik daripada yang terbaik. Inilah akhir Nasdem memberikan seorang sosok Anies Baswedan," ujar Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Dengan adanya deklarasi itu, Nasdem menjadi partai pertama yang sudah mengumumkan nama capres untuk Pilpres mendatang.

Menurut Paloh, Anies saat ini merupakan kandidat calon yang terbaik.

"Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya: Why not the best?" jelas dia.

Pola baru koalisi pencapresan

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Algoritma Aditya Perdana mengatakan, deklarasi Anies ini menjadi pola baru dalam pembentukan koalisi pencapresan.

Sebab umumnya koalisi pencapresan baru terbentuk 6-8 bulan menjelang Pilpres.

Baca juga: Pengamat: Anies Berpeluang Besar Diusung Nasdem, PKS, dan Demokrat


Ia menjelaskan, deklarasi ini berpotensi memunculkan kristalisasi dukungan koalisasi parpol dalam pencapresan yang lebih cepat dari yang diperkirakan.

"Tadinya banyak pengamat menduga koalisi akan terbentuk di akhir Desember 2022 atau awal tahun 2023 mendatang," kata Adit kepada Kompas.com, Senin (3/10/2022).

"Kalau ini terjadi, tentu sangat menarik karena ada pemicu-pemicu yang bisa jadi mempercepat pembentukan koalisi, seperti adanya kecocokan di antara mitra koalisi," sambungnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.