Studi: Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah Rentan Kena Masalah Psikologis

Kompas.com - 01/10/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Penelitian baru dari RCSI University of Medicine and Health Sciences telah menemukan bahwa bayi dengan berat lahir di atas rata-rata cenderung memiliki lebih sedikit masalah kesehatan mental dan perilaku di masa kanak-kanak dan remaja.

Dilansir Neuroscience, 29 September 2022, penelitian yang dipublikasikan di European Child & Adolescent Psychiatry itu meneliti kaitan antara berat lahir dan kesehatan mental pada ribuan anak di Irlandia.

Temuan ini dapat membantu mengidentifikasi dan mendukung anak-anak yang berisiko lebih besar mengalami masalah psikologis.

Tidak seperti penelitian lain yang meneliti berat lahir saja, penelitian ini menggunakan data anak-anak yang sama sejak masa kanak-kanak hingga remaja.

Peneliti menggunakan studi Growing Up in Ireland, sebuah studi berkelanjutan yang didanai pemerintah tentang anak-anak yang lahir antara 1997 dan 1998.

Para peneliti menggunakan standar berat badan bayi 3,5 kg. Analisis menunjukkan bahwa setiap kilogram di bawah berat lahir rata-rata (3,5 kg) dikaitkan dengan lebih banyak masalah kesehatan mental yang dilaporkan sepanjang masa kanak-kanak hingga remaja.

Studi ini juga menemukan bahwa masalah terkait berat badan lahir ini cenderung bertahan sepanjang masa kanak-kanak, dari usia 9 hingga 17 tahun.

Baca juga: Anemia Saat Hamil Bisa Berakibat Buruk pada Bayi, Ini Cara Mencegahnya


Masalah yang paling berat dialami anak dengan berat badan lahir rendah adalah kurangnya perhatian, impulsif dan hiperaktif.

Masalah-masalah tersebut terkait dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Setiap penurunan kilogram di bawah berat lahir rata-rata dikaitkan dengan peningkatan 2 persen dalam risiko perilaku seperti ADHD, namun perilaku tersebut berada dalam kisaran normal.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.