Wacana Pengadaan Mobil Listrik Pejabat Gunakan APBN, Pengamat: Pemerintah seperti Melayani Dirinya Sendiri

Kompas.com - 01/10/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, pembelian mobil listrik untuk pejabat akan dianggarkan dari APBN.

Adapun hal ini menurutnya telah mendapat persetujuan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Jadi Presiden sudah memerintahkan bahwa APBN akan digunakan untuk pembelian kendaraan listrik. Yang electric vehicle (EV) itu mulai tahun ini, (anggaran) lebih besar lagi di tahun depan,” kata Luhut dikutip dari Kompas.com, Jumat (30/9/2022).

Wacana ini memantik beragam respons dari masyarakat.

Tak sedikit yang mempertanyakan mengapa pemerintah merencanakan hal tersebut saat pemerintah baru saja melakukan penyesuaian harga BBM bersubsidi yang berimbas pada kenaikan harga BBM.

Masyarakat menyoroti satu hal, terkait beberapa waktu lalu pemerintah menyebut subsidi BBM membebani negara sehingga terpaksa menaikkan harga BBM.

Namun nyatanya pemerintah justru merencanakan memakai APBN untuk digunakan membeli mobil listrik para pejabat.

“Padahal Presiden sendiri yg bilang kalau APBN sedang terbebani karena subsidi BBM, begitu subsidi BBM dikurangi malah buat beli mobil listrik pejabat kan hahasssuuu,” tulis salah satu akun di Twitter.

“Kemarin ada yg bilang aggaran subsidi bbm untuk masyarakat menjadi beban besar APBN, eh sekarang mobil listrik buat pejabat pake APBN? Luar biasa hidup Konoha,” ujar akun yang lain.

“Naekin BBM krna beban APBN eh malah dibuat beli mobil listrik pejabat,.kocak,” ujar akun lain.

Baca juga: Luhut: Jokowi Minta Pembelian Mobil Listrik untuk Pejabat dari APBN

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.