Kompas.com - 29/09/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Sebagian besar ahli kulit setuju bahwa pemakaian tabir surya atau SPF secara rutin dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Selain itu, dengan pemakaian SPF setiap pagi, kulit akan terhindar dari dampak sinar ultraviolet (UV) yang menyebabkan penuaan kulit hingga kanker kulit.

Saking pentingnya bagi kesehatan kulit, ini 10 hal yang perlu Anda ketahui seputar SPF.

1. Berapa kadar SPF yang cukup untuk harian?

Dilansir dari The New York Times (21/7/2022), American Academy of Dermatology merekomendasikan setidaknya pemakaian SPF 30 untuk kebanyakan orang di sebagian besar iklim.

Kadar SPF 30 juga pas bagi orang-orang yang kulitnya mudah terbakar atau mereka yang memiliki alergi paparan sinar matahari.

2. Makna besaran SPF

Seorang dokter kulit di Brigham and Women's Hospital di Boston, dr. Vinod Nambudiri mengatakan, besaran kadar SPF memiliki perlindungan tersendiri untuk masing-masing tingkatan.

Untuk SPF 30, ia mampu melindungi kulit dari 97 persen sinar UVB matahari. Sementara, SPF 50 melindungi terhadap sekitar 98 persen sinar matahari.

Tidak ada tabir surya yang menghalangi 100 persen sinar matahari.

Baca juga: 10 Skincare Set Terbaik untuk Setiap Masalah Kulit

3. Waktu untuk mengoleskan kembali SPF

Dokter kulit di Torrance, California, dr. Belinda Tan mengatakan bahwa hal penting lainnya dalam pemakaian SPF adalah waktu pengaplikasian kembali pada kulit.

“Kebanyakan orang tidak mendapatkan manfaat SPF pada label tabir surya karena mereka tidak mengoleskan lapisan yang cukup tebal ke kulit mereka, dan mereka biasanya tidak cukup sering mengoleskan kembali," ujar dr. Belinda Tan.

Menurut dia, waktu yang pas untuk melakukan pengaplikasian SPF kembali yakni setiap 80 menit atau 120 menit sekali.

Ilustrasi sunscreen atau tabir surya, manfaat sunscreen, cara memakai sunscreen, apakah boleh memakai sunscreen di malam hari?Shutterstock/Lyubov Levitskaya Ilustrasi sunscreen atau tabir surya, manfaat sunscreen, cara memakai sunscreen, apakah boleh memakai sunscreen di malam hari?

4. Apakah orang berkulit gelap juga butuh SPF?

Dr. Nambudiri mengatakan, sebagian orang menganggap bahwa orang berkulit gelap tidak bisa terkena kanker kulit, namun hal itu keliru.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.