Anemia Saat Hamil Bisa Berakibat Buruk pada Bayi, Ini Cara Mencegahnya

Kompas.com - 27/09/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com – Selama kehamilan, seorang perempuan bisa mengalami anemia, yaitu saat kadar hemoglobin (Hb) dalam darahnya berkurang dari seharusnya.

Hemoglobin merupakan protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke jaringan tubuh.

Dikutip dari Health.Gov.Au selama kehamilan, kriteria WHO untuk rata-rata konsentrasi hemoglobin normal minimum pada wanita hamil yang sehat adalah 110 mg/dL pada paruh pertama kehamilan dan 105 mg/dL pada paruh kedua kehamilan.

Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari anemia pada kehamilan, tetapi kekurangan lain juga dapat menyebabkan anemia seperti kekurangan folat maupun vitamin B12.

Lantas bagaimana cara meningkatkan Hb selama kehamilan?

Baca juga: Apa Itu Anemia? Berikut Gejala hingga Penyebabnya

Cara tingkatkan Hb selama hamil

Ada beberapa kelainan saat kehamilan yang perlu kita waspadai.Freepik/valwria_aksakova Ada beberapa kelainan saat kehamilan yang perlu kita waspadai.

Dikutip dari laman MayoClinic, sejumlah cara bisa dilakukan untuk mengatasi anemia dan meningkatkan Hb selama kehamilan yakni:

  • Konsumsi vitamin prenatal
  • Konsumsi nutrisi yang baik

Mengkonsumsi vitamin prenatal akan membantu mengatasi anemia selama kehamilan. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan Anda terkait suplemen vitamin yang dibutuhkan.

Biasanya dalam suplemen vitamin sudah termasuk kandungan zat besi di dalamnya, namun terkadang dokter biasanya juga akan menambahkan tablet zat besi secara terpisah.

Makanan yang dikonsumsi saat hamil

Selain itu dikutip dari laman WebMd, dokter mungkin juga akan menyarankan Anda untuk konsumsi asam folat maupun vitamin B12 untuk mengatasi kekurangan Hb selama kehamilan

Sementara itu, terkait nutrisi yang baik juga perlu mendapat perhatian selama seseorang mengandung. Pilihlah makanan yang bergizi baik seperti daging merah tanpa lemak, unggas dan ikan.

Termasuk pula sereal sarapan yang kaya zat besi, sayuran berdaun hijau tua, kacang kering dan kacang polong. Selain itu sebaiknya tingkatkan konsumsi zat besi dari produk hewan seperti daging.

Lengkapi pula dengan makanan dan minuman tinggi vitamin C seperti jus jeruk tomat dan sebagainya.

Baca juga: Dear Calon Pengantin, Anemia Bisa Sebabkan Anak Lahir Stunting Lho

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.