Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digelar Mewah, Berapa Biaya Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II?

Kompas.com - 20/09/2022, 19:00 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Upacara pemakaman Ratu Elizabeth II yang digelar pada Senin (19/9/2022) menjadi sorotan dunia.

Ratusan ribu orang memberikan penghormatan terakhir kepada penguasa terlama Kerajaan Inggris. 

Acara tersebut membutuhkan sekitar 15.000 petugas untuk menjaga keamanan di London jelang pemakaman.

Dikutip dari Express, Selasa (20/9/2022), pemakaman Ratu Elizabeth II adalah pemakaman kenegaraan pertama yang diadakan di Inggris sejak upacara pemakaman Perdana Menteri Britania Raya, Winston Churchill pada tahun 1965.

Baca juga: Siapa Saja Pemimpin Negara yang Hadir di Pemakaman Ratu Elizabeth II?

Upacara pemakaman Ratu Elizabeth II dihadiri oleh banyak pemimpin dunia, termasuk Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, Presiden Perancis Emmanuel Macron dan Kaisar Naruhito dari Jepang.

Anggota keluarga kerajaan dari seluruh Eropa termasuk Spanyol, Belanda dan Swedia yang memiliki hubungan kekerabatan dengan Kerajaan Inggris juga hadir.

Diketahui, proses upacara Ratu Elizabeth II dari awal diumumkan meninggal hingga dimakamkan pada Senin (19/9/2022), disebut menelan biaya yang fantastis.

Diperkirakan mencapai jutaan poundsterling

Dilansir dari US Magazine, Senin (19/9/2022), Pemerintah Inggris belum mengonfirmasi biaya pasti dari acara pemakaman Ratu Elizabeth.

Tetapi, seorang mantan petugas keamanan kerajaan Simon Morgan mengatakan kepada New York Post, dia yakin untuk keamanan itu sendiri akan menelan biaya lebih dari 7,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 112,6 miliar.

"Ini adalah operasi kepolisian terbesar yang pernah dilakukan kepolisian Inggris," kata Simon Morgan kepada outlet pada Kamis (15/9/2022).

Ia memperkirakan keseluruhan biaya upacara pemakaman mungkin lebih besar dari harga keamanan untuk Olimpiade 2012 yang diadakan di London.

Keamanan untuk pernikahan Pangeran William tahun 2011 dengan Putri Kate menelan biaya sekitar 7 juta dollar AS atau sekitar Rp 105,1 miliar, menurut The Washington Post.

Namun, seperti yang dicatat oleh surat kabar itu, pemakaman ratu pada hari Senin, 19 September 2022 dihadiri oleh lebih banyak pemimpin dunia, yang berarti bahwa biaya keamanan kemungkinan jauh lebih tinggi.

Baca juga: Jumlah Orang yang Saksikan Peti Mati Ratu Elizabeth II di Westminster Hall Diungkap

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com