Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kiat Sukses Menjadi Content Creator di Era Digital

Kompas.com - 05/09/2022, 12:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Di era yang semakin maju ini, teknologi memiliki peran penting pada perkembangan karier seseorang. Banyak pekerjaan yang dulu tak terduga, kini muncul sebagai mata pencaharian utama. Salah satunya adalah pembuat konten (content creator).

Saat ini, peluang karier sebagai content creator terbuka lebar untuk siapa saja tanpa memandang usia, gender, hingga wilayah. Biasanya, mereka kerap mengunggah konten yang ditujukan untuk target audiensnya.

Meski begitu, masih banyak content creator yang kurang bijak dalam membuat konten hingga akhirnya berujung pada hujatan. Itu sebabnya, diperlukan persiapan matang sebelum menjadi seorang content creator.

Untuk menjawabnya, siniar Obsesif musim keenam bertajuk “Content Creator: Stay Creative, Stay Relevant - KompasFest 2022” akan memberikan tips-tipsnya.

Kunci Sukses Content Creator: Personal Branding

Seorang content creator harus memiliki segudang ide kreatif agar konten bisa dieksekusi dengan baik. Selain itu, mereka juga harus mampu mengikuti tren yang kerap berubah.

Namun, ada satu hal yang tak boleh terlewatkan, yaitu personal branding. Seorang content creator harus punya sesuatu yang unik dan berbeda dari yang lainnya.

Salah satu content creator terkenal, Natasha Keniraras, membagikan pandangannya terhadap konten dan personal branding.

"Konten sosial media itu kan materi, dokumen, gambar yang kita posting, bagikan di situs-situs media sosial. Tapi, sebenernya, nowadays, itu bukan cuma sekedar foto dan video aja. Itu punya dampak yang besar," pungkasnya.

Baca juga: KompasFest 2022, Bagi-bagi Tips Sukses Berbisnis di Era Digital

Perempuan ini juga berbicara seputar pentingnya memiliki personal branding, "Kalo kita udah punya personal branding yang disukai audiens kita, sebenernya nih trending atau enggak; itu gak jadi masalah."

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+