Kompas.com - 15/08/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Kejadian ditemukannya kabel listrik tidak berstandar PLN di salah satu rumah pelanggan di salah satu perumahan di Surabaya viral di media sosial pada Jumat (12/8/2022).

Akibat temuan oleh petugas PLN tersebut, maka pelanggan atau pemilik rumah dari meteran itu dikenai denda sebanyak Rp 80 juta.

Saat dikonfirmasi, pemilik rumah tidak tahu-menahu soal keberadaan kabel di meteran listrik miliknya.

PLN pun mengaku tidak mungkin melakukan pengecekan untuk mencari siapa pelaku pemasangan kabel, karena urusannya akan panjang.

"Jadi kita tidak berbicara ini bukan saya, siapa pelakunya, ini akan panjang," ujar Manajer Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN UID Jawa Timur Anas Febrian saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/8/2022).

Lalu, bolehkah memasang kotak pengaman meteran listrik dan menggemboknya untuk mencegah orang lain mengutak-atik meteran?

Baca juga: Ramai Unggahan soal Tagihan Listrik Rp 80 Juta, Ini Penjelasan PLN

Penjelasan PLN

Menanggapi hal itu, Anas mengatakan bahwa hal itu diperbolehkan saja namun hal itu tidak diwajibkan oleh pihak PLN.

"Jika meteran ingin diberikan box pengaman, silakan saja, PLN tidak mewajibkan dan tidak menjual box," ujar Anas saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/8/2022).

Ia mengingatkan, jika pelanggan memasang kotak pengaman, mohon dipastikan bahwa angka meter masih dapat dibaca oleh petugas (khusus untuk meter pasca bayar).

Selain itu, Anas menyampaikan, kotak pengaman tersebut harus bisa dilepas sementara oleh petugas PLN untuk keperluan pemeriksaan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.